Pengadaptasian “The Most Significant Change” sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi

Authors

  • Waway Qodratulloh S Politeknik Negeri Bandung
  • hazma hazma Politeknik Negeri Bandung
  • Ida Suhartini Politeknik Negeri Bandung
  • Ajeng Ayu Milanti Politeknik Negeri Bandung
  • Zulkifli Arsyad Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10897

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi penerapan MSC sebagai alat evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi. Metode MSC, yang mengutamakan cerita perubahan signifikan dari mahasiswa, menawarkan pendekatan holistik dan partisipatif dalam menilai dampak perkuliahan PAI di perguruan tingi terhadap pengembangan sikap, pemahaman, dan pengalaman keagamaan mahasiswa. Dengan fokus pada cerita perubahan, metode ini memungkinkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengalaman belajar mahasiswa dan dampaknya pada aspek spiritual dan moral. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih karena kemampuannya dalam memahami fenomena dari perspektif subjek yang terlibat secara mendalam dan kontekstual. Dalam penerapannya, MSC dimulai dengan pengertian yang jelas tentang tujuan evaluasi. Selanjutnya mengumpulkan tim evaluasi yang terdiri dari tim dosen PAI dilanjutkan dengan penyusunan, pengumpulan, penyeleksian serta identifikasi cerita perubahan dari mahasiswa. Setelah cerita terpilih diidentifikasi, dilanjutkan dengan menganalisis dan menarik kesimpulan dari cerita tersebut, yang diakhiri dengan penyusunan laporan evaluasi. Tantangan yang muncul adalah subjektivitas serta kepastian bahwa cerita yang diceritakan relevan dan memberikan informasi yang cukup untuk tujuan evaluasi. Karenanya diperlukan keterampilan khusus dosen dalam mengarahkan narasi dan mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almu’tasim, A. (2016). Penciptaan Budaya Religius Perguruan Tinggi Islam (Berkaca Nilai Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Asri, R. (2020). Membaca film sebagai sebuah teks: analisis isi film “nanti kita cerita tentang hari ini (nkcthi).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74–86.

Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran.

Dart, J., & Davies, R. (2003). A dialogical, story-based evaluation tool: The most significant change technique. The American Journal of Evaluation, 24(2), 137–155.

Davies, R., & Dart, J. (2005). The ‘most significant change’(MSC) technique. A Guide to Its Use.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Hanafi, Y., Hadiyanto, A., Abdussalam, A., Munir, M., Hermawan, W., Suhendar, W. Q., Barnansyah, R. M., Anwar, S., Purwanto, Y., & Yani, M. T. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam perkuliahan pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Delta Pijar Khatulistiwa.

Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246.

Indrianto, N. (2020). Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Deepublish.

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103–113.

Lasambouw, C. M., & Mathilda, F. (2020). A Most Significant Change Approach to Evaluating E-Learning Outcomes: An Initial Study in Pancasila (Civic) Course. International Seminar of Science and Applied Technology (ISSAT 2020), 662–667.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Rahim, R. (2018). Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 1(1), 17–26.

Ramdhani, N. (2011). Penyusunan alat pengukur berbasis theory of planned behavior. Buletin Psikologi, 19(2).

S, W. Q., M, H. A., Hafidhuddin, Hadikusuma, R., & Rahman, R. (2022). Mainstreaming Religious Moderation in Polytechnic, Quo Vadis? TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9(2), 229–241.

Sari, A. O., Sulistiowati, R., & Prihantika, I. (2020). Dampak Sosial Ekonomi pada Keluaga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Exit Mandiri di Kecamatan Pagelaran Kabuoaten Pringsewu dalam Perspektif The Most Significant Change Technique (MSCt). Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 2(3), 373–382.

Serrat, O., & Serrat, O. (2017). The most significant change technique. Knowledge Solutions: Tools, Methods, and Approaches to Drive Organizational Performance, 35–38.

Sundra, H., & Zulkarnain, Z. (2022). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Anak Di Lingkungan Pasar Tradisional Panorama Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 3(3), 193–205.

Tang, M. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 717–740.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

S, W. Q., hazma, hazma, Suhartini, I., Milanti, A. A., & Arsyad, Z. (2024). Pengadaptasian “The Most Significant Change” sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2). https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10897