PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SMP IBNU SINA BANDUNG

Authors

  • Nurhasan Nurhasan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8460

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas pembelajaran Al-Qur’an di SMP Ibnu Sina Bandung, mengetahui problematika pembelajaran Al-Qur’an di SMP Ibnu Sina Bandung, dan mengetahui solusi dalam menyelesaikan problematika pembelajaran Al-Qur’andi SMP Ibnu Sina Bandung. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode kualitatif yang dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa realitas program keagamaan yang berkaitan dengan peningkatan pelaksanaan pembelajaran keagamaan, yaitu: Pembelajaran Al-Qur’an metode UMMI, ODOA (One Day One Ayat), Shalat Dhuha dan Zikir Al Matsurat, Klinik Qur’an, Qur’an Plus, Mengadakan Qurban tiap tahun ketika Hari Raya Idul Adha, Mengadakan program Shalat Jum’at bagi putra dan mentoring bagi putri. Problematika pembelajaran Al-Qur’an secara umum masih menghadapi beberapa kendala yang muncul dari beberapa komponen, yaitu: a. komponen guru, b. komponen siswa, c. komponen sarana dan prasarana, d. komponen metode, e. komponen regulasi. Solusi dari problematika, yaitu: a. komponen guru, b. komponen siswa, c. komponen metode, d. komponen sarana dan prasarana, dan e. komponen regulasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Nurhasan, N. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SMP IBNU SINA BANDUNG. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8460