PERAN KOMUNITAS SOSIAL PAGER ASIK DI KAMPUNG CIKUDA KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Elsa Nurariyanti Pendidikan Masyarakat Universitas Siliwangi
  • Dilla Adelia Universitas Siliwangi
  • Rokhyatun Khasanah Universitas Siliwangi
  • Riezki Akbar Maulana Universitas Siliwangi

Abstrak

The Pager Asik social community exists to assist the Cikuda community in facilitating, educating and collaborating with territorial groups whose members establish relationships with each other by utilizing available means to achieve common goals. The purpose of this study was to determine the role of the Asik Pager Social community in Cikuda Village. The social community can be said to be one of the solutions in dealing with the problems that are being faced as well as being a pioneer for other communities to be able to overcome their problems so that they become more empowered. This study uses a descriptive qualitative methodology. The research method used is observation and interviews. The results of the Ifthar program research show that there is a role for the Pager Asik social community in increasing religious knowledge, namely: 1) The role of the Facility, 2) The Educational Role, and 3) The Representative Role. The program is expected to instill the habit of reading the Koran for children who cannot yet read the Koran by studying together to increase the religious knowledge of the people of Kampung Cikuda.

Keywords:Social Community, Ifthar Program, Pager Asik

ABSTRAK

Komunitas sosial Pager Asik hadir untuk membantu masyarakat Cikuda dalam memfasilitasi, mengedukasi dan bekerja sama dengan kelompok teritorial yang anggotanya saling menjalin hubungan dengan mamanfaatkan sarana yang tersedia guna tercapainya tujuan bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunitas Sosial Pager Asik di Kampung Cikuda. Komunitas sosial dapat dikatakan sebagai salah satu solusi dalam menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi serta menjadi pelopor masyarakat lainnya untuk mempu mengatasi permasalahannya sehingga menjadi lebih berdaya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan ialah observasi dan wawancara. Hasil penelitian program ifthar menunjukan bahwa adanya peran komunitas sosial Pager Asik dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan yaitu : 1) Peran Fasilitas, 2) Peran Edukatif, dan 3) Peran Representative. Program tersebut diharapkan dapat menanamkan kebiasaan membaca Al-Quran bagi anak-anak yang belum dapat membaca AlQuran dengan belajar sacara bersama-sama guna menambah pengetahuan keagamaan masyarakat Kampung Cikuda.

Kata Kunci: Komunitas Sosial, Program Ifthar, Pager Asik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andini, G. R. (2021). Jurnal Pendidikan Untuk Semua Tahun. Jurnal Pendidikan, 5(1), 54–63.

Andra, D, N., Sutarjo & Muis Abdul. (2022). Metode Pendidikan Dalam Menanamkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini di PAUD Plamboyan 3 Karawang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1-6.

Armylasari, R, T., & Wiludjeng, F, A. (2018). Peran Komunitas Berbagi Nasi Dalam Membangun Pemerintah Untuk Mensejahterakan Kaum Dhuafa. Tanslitera: Jurnal Kajian Komunikasi dam Studi Media, 5(2), - 1-13.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135-143.

Habibullah, H. (2021). Dimensi keterlibatan relawan sosial pada penyelenggaraan pelayanan kesejahteraan sosial kementerian sosial republik indonesia. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 7(1), 1-12

Julaeha, S., Asmiati, N., & Abadi, R. F. (2022). Peranan Organisasi Masyarakat Terhadap Kesejahteraan Disabilitas di Lingkungan Kota Serang. 8(4), 1403– 1410. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4 .3798

Lestari, A. I. (2019). Pengantar Manajeman. In Coarbohydrate Polymers, 6(1).

Maishan, H. H., Fathulloh, J., Rahmatillah, M. M., Fernando, R., & Novitasari, N. (2023). Social Community Participation In Social Problems And Iftar Sharing As An Implementation Of Tasikmalaya Community Empowerment. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 8-15.

Marlina, W., & Rahmadani, S. (2021). Peran Komunitas Pemuda Hijrah sebagai Kontrol Sosial di Jorong Koto Alam Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 9(1), 39–47.

Ulum, M. C., Anggaini, N. L. V. (2020. Community Empowerment: Teori dan Praktik. UB Press: Malang.

Satari, A. U. (2006). Organisasi Sosial dan Kepemimpinan. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka: Universitas Terbuka.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonis, 11(2).

Susanti, H., & Si, M. (2013). Fungsi Ikatan Persaudaraan Muslim Socfindo (Ipms) Dalam Membangun Hubungan Sosial Dengan Masyarakat Sekitar (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Syakirah, D. R., Weliangan, H., & Huda, N. (2022). Empati Dan Perilaku Altruisme Pada Anggota Komunitas Sosial Gemagi Tangerang. Arjwa: Jurnal Psikologi, 1(2), 108-116.

Syarif, M, A. (2021). Model Edukasi Kerelawanan di Sekolah Relawan. Indonesian Journal of Anthropology, 6(1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-07

Cara Mengutip

Nurariyanti, E., Adelia, D. ., Khasanah, R. ., & Akbar Maulana, R. . (2024). PERAN KOMUNITAS SOSIAL PAGER ASIK DI KAMPUNG CIKUDA KOTA TASIKMALAYA . JoCE (Journal of Community Education), 4(1), 8–15. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/10437

Terbitan

Bagian

Artikel