LITERATURE RIVIEW : HUBUNGAN AKTIVITAS SENI DALAM MENDORONG KREATIVITAS DAN KECERDASAN PSIKOMOTORIK PADA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Penulis

  • Rahma Adita Damayanti Universitas Singeperbangsa Karawang

Abstrak

Pendidikan anak usia dini memegang peran penting dalam membentuk fondasi perkembangan anak. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi perkembangan anak usia dini adalah aktivitas seni. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara aktivitas seni dalam mendorong kreativitas dan kecerdasan psikomotorik dengan perkembangan pembelajaran anak usia dini. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode analisis dokumen untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang peran aktivitas seni dalam pembelajaran anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas seni memiliki dampak positif terhadap kreativitas dan kecerdasan psikomotorik anak usia dini. Dengan memanfaatkan sarana kreativitas seni yang sesuai, pembelajaran anak usia dini dapat menjadi lebih menarik dan efektif, sehingga dapat mempercepat perkembangan kreativitas dan kecerdasan psikomotorik anak. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidik dan orang tua dalam memilih sarana media seni yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini.

Kata Kunci: Pendidikan anak usia dini, Aktivitas seni, Kreativitas, Kecerdasan psikomotorik, Perkembangan

                      pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adica. (2018, Mei 18). SIlabus web id. From Silabus.web.id: https://www.silabus.web.id/anak-usia-dini/

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. repository.ut.ac.id.

Deni Setiawan, I. K. (2022). Memaknai Kecerdasan Melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia DIni. Junral Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi Bermain Berdasarkan Kegiatan Seni Lukis Untuk

Stimulasi Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendiidkan Anak.

Maulida Rizqia, W. I. (2019). Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Menggambar Anak Sekolah Dasar. Journal of Islamic Primary Education.

Vivi Anggraini, Y. d. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Mingangkabau Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Junral Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-07

Cara Mengutip

Damayanti, R. A. (2024). LITERATURE RIVIEW : HUBUNGAN AKTIVITAS SENI DALAM MENDORONG KREATIVITAS DAN KECERDASAN PSIKOMOTORIK PADA PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. JoCE (Journal of Community Education), 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/11343

Terbitan

Bagian

Artikel