Pendekatan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di Kelompok Bermain (KB) Nur-Adzkia

Penulis

  • Murgiati PLS FKIP UNSIKA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan faktor pendukung sert penghambat pendekatan pembelajaran anak berkebutuhan  khusus  pada kelas inklusi di  Kelompok Bermain (KB) Nur-Adzkia  Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Penelitian  ini  menggunakan   pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Data penelitian di peroleh melalui wawancara,observasi,dan dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan anak berkebutuhan khusus melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan.Hal tersebut dapat dilihat dari ; Komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman, Setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya, PPDB berdasarkan usia anak dan tidak ada tes , Menggunakan kurikulum 2013, dan Pembelajaran mengembangkan aspek : kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosional,dan moral..

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-01

Cara Mengutip

Murgiati. (2021). Pendekatan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di Kelompok Bermain (KB) Nur-Adzkia. JoCE (Journal of Community Education), 2(1), 18–22. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/4496

Terbitan

Bagian

Artikel