Pembelajaran Menggunting dan Menempel Untuk Mengembangkan Kemandirian Pada Kelompok B PAUD Kemuning

Penulis

  • Helmy Idris Supratman PLS FKIP UNSIKA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran menggunting dan menempel untuk mengembangkan kemandirian pada kelompok B PAUD Kemuning cilamaya wetan kabipaten karawang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah anank kelompok B1 sejumlah 24 anak yaitu 12 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelian ini dilaksanakan pada bulan januari-maret tahun ajaran 2019/2020. Instrument penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Data analisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan motoric halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggunting dan menempel. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari persentase peningkatan anak yang mendapat kriteria baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-01

Cara Mengutip

Idris Supratman, H. (2021). Pembelajaran Menggunting dan Menempel Untuk Mengembangkan Kemandirian Pada Kelompok B PAUD Kemuning. JoCE (Journal of Community Education), 2(1), 43–47. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/4501

Terbitan

Bagian

Artikel