EVALUASI METODE PEER LEARNING TERHADAP PENYULUHAN HIDROPONIK

(Studi di KWT Kenanga Kelurahan Margabakti Kecamatan Cibeureum)

Penulis

  • Mira Nurlela Universitas Siliwangi
  • Annisya Syahrani Universitas Siliwangi
  • Saskia Isabella Putri Suhendari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.5831

Abstrak

Lahan pertanian di Kota Tasikmalaya semakin berkurang, banyak lahan di wilayah Kota Tasikmalaya yang di alihfungsikan. Akibatnya sulit mendapatkan tanah yang berkualitas di sekitar rumah warga di Kota Tasikmalaya. Adapun alternatif lain yang dapat dilakukan dengan mengadakan penyuluhan hidroponik dengan metode peer learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode peer learning dalam penyuluhan hidroponik di KWT Kenanga Margabakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan beberapa tahap (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan & verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan kepada responden sebanyak 4 orang, dari hasil wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa metode peer learning pada penyuluhan hidroponik di KWT Kenanga Margabakti Tasikmalaya sangat baik dan menghasilkan output yaitu ibu-ibu anggota KWT memahami materi dengan baik serta aktif selama penyuluhan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyuluhan dengan menggunakan metode peer learning kepada ibu-ibu terutama orang dewasa sangat efektif digunakan.

Kata Kunci: Evaluasi, Peer Learning, Penyuluhan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggorowati, N. P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(1), 103–120. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2303

Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq, M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Program Pasca Sarjana. Jurnal Pendidikan Non Formal, 10(1), 1–13.

Bahua, M. I. (2016). Kinerja Penyuluh Pertanian. Deepublish.

Boud, D., Cohen, R., & Sampson, J. (2001). Peer Learning in Higher Education: Learning from and with Each Other (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.1108/et.2002.00444fad.001

Budi, S. (2018). Penyuluhan Pertanian: Teori dan Penerapannya (E. Wardah (ed.)). Sefa Bumi Persada.

Candra, A., & Husin, A. (2018). Identifikasi Kebutuhan Masyarakat Terhadap Pendirian Taman Bacaan Masyarakat di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), 92–99.

Febriyanto, A., & Kartiko, D. C. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Prambon Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 783–786.

Hamri, E., Putri, E. I. K., Siregar, H., & Bratakusumah, D. (2016). Kebijakan Pemekaran Wilayah dan Pengembangan Pusat Pertumbuhan Ekonomi Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(1), 111–125. https://doi.org/10.22212/jekp.v7i1.412

Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Abdimas Unmer Malang, 4(1), 46–50.

Kastrena, E., Setiawan, E., Patah, I. A., & Nur, L. (2020). Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Saat Situasi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 69–75.

Kadir. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Program BOS Sekolah Menengah Pertama di Semarang. Thesis. Universitas Diponegoro.

Khairunnisa, N. F., Saidah, Z., Hapsari, H., & Wulandari, E. (2021). Peran Penyuluh Pertanian terhadap Tingkat Produksi Usahatani Jagung. Jurnal Penyuluhan, 17(2), 113–125. https://doi.org/10.25015/17202133656

Mahfiyana, L., Mardani, D. M. S., & Hermawan, G. S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Learning) Berbantuan Media Scramble Untuk Meningkatkan Penguasaan Huruf Katakana Siswa Kelas X Ibb3 Sma Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(2), 217. https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18605

Muljono, P. (2007). Learning Society, Penyuluhan dan Pembangunan Bangsa. Jurnal Penyuluhan, 3(1), 55–62.

Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33–41.

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo, 1(2), 43–50.

Rumiyanto, & Sudarmono, A. (2015). Penerapan Peer Learning Model Syndicate Group Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Statis Kelas IX B MTs. Diponegoro Kecamatan Ungaran Timur Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan, 2(3), 71–84.

Salsabila, H. (2006). Fungsi-fungsi Manajemen: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi.

Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. ISRN Nursing, 1–10. https://doi.org/10.1155/2013/930901

Suarga. (2019). Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 327–338. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7844

Westberg, J., & Jason, H. (1996). Fostering Learning in Small Groups: A Practical Guide. Springer Publishing Company.

Wirawan. (2012). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-21

Cara Mengutip

Nurlela, M., Syahrani, A., & Isabella Putri Suhendari, S. (2023). EVALUASI METODE PEER LEARNING TERHADAP PENYULUHAN HIDROPONIK: (Studi di KWT Kenanga Kelurahan Margabakti Kecamatan Cibeureum). JoCE (Journal of Community Education), 2(2), 52–61. https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.5831

Terbitan

Bagian

Artikel