PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.10019Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa dan seberapa besarkah pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII SMP Negeri 7 Karawang Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsionate stratified random sampling. Sampel penelitian berjumlah 132 siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 7 Karawang Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran dengan tingkat siginifikansi dan nilai t hitung sebesar . Adapun besar pengaruh antara keduanya yaitu sebesar 62,6 % yang ditunjukan oleh nilai koefisien deteminasi (R Square ) sebesar 0,626.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa dan seberapa besarkah pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII SMP Negeri 7 Karawang Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsionate stratified random sampling. Sampel penelitian berjumlah 132 siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 7 Karawang Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran dengan tingkat siginifikansi dan nilai t hitung sebesar . Adapun besar pengaruh antara keduanya yaitu sebesar 62,6 % yang ditunjukan oleh nilai koefisien deteminasi (R Square ) sebesar 0,626.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.