MENGINTEGRASIKAN AUTOMATIC GRAMMAR CHECKER DALAM KELAS MENULIS

Authors

  • Nia Pujiawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v6i1.1147

Abstract

Salah satu aspek yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam menulis teks adalah kemampuan dalam lexico-grammatical features atau tata bahasa. Akan tetapi, kemampuan tata bahasa ini justru menjadi kesulitan terbesar yang dihadapi mahasiswa sehingga banyak ditemukan kesalahan tata bahasa atau grammatical errors dalam tulisan mereka sehingga membuat dosen merasa kesulitan bahkan kewalahan ketika memberikan koreksi. Salah satu pemecahan masalahnya adalah dengan menerapkan Automatic Grammar Checker dalam proses pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa terhadap penggunaan automatic grammar checker dalam kelas Essay Writing. Untuk menjawab rumusan masalah ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian survey. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang, semester dua, yang mengambil mata kuliah Essay Writing. Data penelitian ini akan diperoleh dari hasil angket yang akan disebarkan kepada mahasiswa setelah mereka menggunakan automatic grammar checker dalam proses pembelajaran menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek penelitian menunjukkan respons yang positif terhadap penggunaan Grammarly. Responden menilai bahwa pemeriksa tata bahasa ini tidak hanya membantu mereka dalam mengidentifikasi letak kesalahan dan mengoreksi kesalahan yang ada dalam teks mereka, tetapi juga mengarahkan mereka untuk menjadi pembelajar mandiri atau autonomous learners.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-03-29