IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Authors

  • Asep Sahrudin

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v2i1.117

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang mempunyai hubungan dengan keberhasilan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya, memecahkan masalah kehidupan sehari-hari atau kehidupan nyata.Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery.Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran discovery dan siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran langsung. Selain itu, diungkap pula peningkatan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran discovery dan kelas yang pembelajarannya menggunakan langsung.Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan desain current embedded.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA di Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2012/2013.Sampel penelitiannya adalah Siswa Kelas X di salah satu SMA di Kabupaten Pandeglang. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan rataan dan dilakukan juga analisis kualitatif secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran discovery lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran langsung. (2) Motivasi belajar siswa yang diberikan menggunakan strategi pembelajaran discovery lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajarana langsung. (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan motivasi belajar.
Kata Kunci: strategi pembelajaran discovery, kemampuan pemecahan masalah matematika, dan motivasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J.W. (2010). Research Design Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J.W. dan Plano clark, V.L. (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research. SAGE Publications inc: America.

Dwirahayu. G (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksploratif Terhadap Peningkatan Kemampuan Visualisasi Pemahaman Konsep Geometri dan Karakter Siswa. Ringkasan Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible "Hidden Variable" in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics.v70 n12 p1259-68 Dec 2002.[Online]. Tersedia: www.physics.iastate.edu/-per/doc/AJP-Dec-2002-Vol.70-1259-1268.pdf. [6 Juni 2012].

Ruseffendi, E.T.. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: PT Tarsito.

Siegel, S. (1994). Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sumarmo, U. 2006. Berfikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimnana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah disampaikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran, Tanggal 22 April 2006.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Shadiq, F. (2007).Laporan Hasil Seminar dan Lokakarya Pembelajaran Matematika 15-16 Maret 2007 di P4TK (PPPG) Matematika. Yogyakarta: Depdiknas, P4TK Matematika Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. Et al. (2003). Strategi Pembelajaran MatematikaKontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indinesia.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigratif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: UPI.

_________ (2003).“Peranan Problem Solvingâ€.Proceeding National Seminar on Science and Mathematics Education, the Role of IT/ICT in Supporting the Implementation of Competensy-Based Curriculum. Bandung: JICA-IMSTEP.

Zakaria, E. Et al. (2007). TrendPengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors Sdn Bhd.

Published

2014-11-01