PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR EDUCATION DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Nana Suryana Nasution

Sari


Penelitian ini membahas tentang pengembangan kecerdasan sosial melalui metode pembelajaran outdoor education dalam pendidikan jasmani. Peran outdoor education sebagai proses pengembangan kecerdasan sosial sebagai bagian dari pembangunan karakter (soft skill). Data penelitian dikumpulkan melalui studi kepustakaan dari berbagai dokumen teori. Peneliti menginterpretasikan data dan fakta untuk memperoleh penjelasan tentang pengembangan kecerdasan sosial  melalui metode pembelajaran outdoor education. Hasil studi menyimpulkan bahwa Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan melalui aktivitas gerak untuk menghasilkan perubahan holistik, baik fisik, mental dan emosional, juga merupakan upaya menumbuhkan budi pekerti (karakter), pikiran (intellect) dan tumbuh kembang anak, dimana setiap manusia ditentukan oleh perangai (trait), dari otak (head, mind) dan hati (heart). Pendidikan jasmani berpeluang lebih banyak dari mata pelajaran yang lainnya untuk membina Kecerdasan sosial (soft skill). Outdoor education merupakan salah satu dimensi pendidikan jasmani hadir sebagai pengayaan kurikulum, memberikan kontribusi terhadap kecerdasan sosial di mana medianya berupa alam, bisa berupa pendidikan lingkungan, pendidikan komunikasi (berbicara) pendidikan berpetualang.

Kata Kunci


Pendidikan Jasmani; Kecerdasan Sosial; Outdoor Education

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2013-2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNSIKA. All rights reserved.
Address: Jl. H. S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Phone: +62817228396, e-mail: journal.judika@unsika.ac.id
p-ISSN: 2338-2996 I e-ISSN: 2528-6978