PELATIHAN PENINGKATAN CAPACITY BUILDING KOMPETENSI TUTOR PROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Dayat Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v2i1.125

Abstract

Kompetensi yang harus dikuasai tutor Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) perlu dinyatakan sedemikian rupa agar dapat dinilai, sebagai wujud kompetensi tutor Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) sebagai tenaga pendidik yang mengacu pada pengalaman langsung. Tutor Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) perlu mengetahui tujuan belajar, dan tingkat-tingkat penguasaan yang akan digunakan sebagai kriteria pencapaian secara eksplisit, dikembangkan berdasarkan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, dan memiliki kontribusi terhadap kompetensi-kompetensi yang sedang dipelajari. Kondisi ini yang menjadi faktor pendorong untuk melaksanakan Pelatihan Peningkatan Capacity Building Kompetensi Tutor Program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) di Kebupaten Karawang.
Tujuan kegiatan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pembinaan dan pelatihan peningkatan kompetensi tutor dalam melaksanakan pelatihan Kewirausahaan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) di PKBM Kabupaten Karawang. Materi yang diberikan dalam kegiatan pelatihan tersebut adalah meliputi 1) kemampuan pedagogik, 2) kemampuan professional, program KUM, kemampuan kepribadian, dan sosial. Metode atau cara yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan melalui pelatihan dan pembinaan kepada pengurus dan tutor Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) di PKBM Kabupaten Karawang.
Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan sebagai bahan masukan bagi pengurus dan Tutor Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) di di PKBM Kabupaten Karawang agar pelaksanaan program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) dapat berjalan lebih baik dan mencapai hasil yang lebih optimal. Sebagai bahan masukan bagi penguatan kelembagaan PKBM di Kabupaten Karawang agar menjadi sarana pengembangan program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) dalam melaksanakan programnya.
Kata Kunci: Kompetensi Tutor, Keaksaraan Usaha Mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Davies, Eddie. 2005, The Art of Training and Development The Training Manager’s a Handbook. Jakarta. PT Gramedia.

Drucker, Peter F. 1994. Innovation and Entrepreneurship, Practice and Principle. New York. Harper Business.

Finch, Curtis & Crunkilton, John R. (1979). Curriculum Development In Vocational Technical Education. New York: Allyn and Bacon

Friedman dan Yarbrough. 1985. Training Strategies From Start, to Finish. New Jersey. Prentice Hall. Inc.

Gagne, M. R. 1985. The Conditions of Learning and Theory of Intruction. Florida: Florida State University.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2002. Pedoman Pelaksanaan Program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM). Jakarta.

Sudjana Djudju. 2004. Pendidikan Luar Sekolah (Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kreasi Jaya Utama.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Published

2014-11-01