PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECEMASAN DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.13094Abstract
Kecemasan merupakan bagian afektif yang dapat menghambat atau meningkatkan kecakapan matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan media pembelajaran yaitu youtube dan buku teks serta peranan tingkat kecemasan yang berbeda terhadap kecakapan matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Faktorial Grup Desain dua kategori. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan media youtube dengan tingkat kecemasan berbeda. Sedangkan kelompok kontrol adalah siswa yang diajar dengan buku teks dengan tingkat kecemasan berbeda. Instrumen yang digunakan adalah soal kecakapan matematis serta angket kecemasan dalam belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji anava 2 x 2 dan uji tukey. Penelitian ini menujukan bahwa pada siswa dengan kecemasan rendah memiliki penerapan kecakapan matematis yang lebih baik ketika diajar menggunakan media youtube dibandingkan dengan buku teks sedangkan pada siswa dengan kecemasan tinggi tidak terdapat perbedaan signifikan dalam menerapkan kecakapan matematis meskipun telah diajar dengan media pembelajaran yang berbeda. Sehingga guru harus dapat melakukan pemilihan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecakapan matematis siswa dengan dengan memperhatikan tingkat kecemasan yang berbeda.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
