PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.13095Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi fungsi komposisi. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI RPL di SMK Darul Lughah Wal Karomah. Metode yang diterapkan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test. Analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji T-test (Paired Sample T-Test). Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikan 0,097 (Pre-Test) dan 0,057 (Post-Test), yang mengindikasikan distribusi normal (signifikansi > 0,05). Rata-rata nilai kelas sebelum penerapan model pembelajaran Make a Match adalah 70,750, sedangkan setelah penerapan meningkat menjadi 84,125. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05, yang menandakan efektivitas model tersebut. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
