HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 1 BAJUGAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13116Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar siswa SD Negeri 1 Bajugan dengan keterampilan pedagogik guru. Komponen kompetensi pedagogis meliputi pemahaman karakteristik siswa, pengorganisasian pembelajaran, penerapan strategi pembelajaran instruksional dan interaktif, serta evaluasi hasil belajar. Salah satu faktor terpenting dalam prestasi akademik adalah kemauan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan pendekatan korelasional. Peserta dalam jajak pendapat ini meliputi guru dan siswa dari kelas IV, V, dan VI SD Negeri 1 Bajugan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah lulus uji validitas dan reliabilitas. Temuan penyelidikan menunjukkan korelasi yang kuat antara antusiasme siswa untuk belajar dan kecakapan pedagogis guru. Hubungan yang baik antara kedua variabel didukung oleh nilai koefisien korelasi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi untuk belajar ketika guru mereka adalah pedagog yang lebih kompeten. Temuan studi mendukung gagasan bahwa kecakapan pedagogis guru memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Dengan demikian, melalui pelatihan dan penggunaan strategi pengajaran yang lebih menarik dan partisipatif, pendidik harus terus menyempurnakan kemampuan pedagogis mereka.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
