IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mila Gustina Universitas Negeri Jakarta
  • Arifin Maksum Universitas Negeri Jakarta
  • Anggit Aruwiyantoko Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13124

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. GLS merupakan program nasional untuk menumbuhkan budaya literasi melalui kegiatan membaca, menulis, dan berpikir kritis. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji berbagai sumber literatur terkait. Hasil menunjukkan bahwa tahapan GLS pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran berkontribusi positif terhadap minat belajar siswa. Namun, masih terdapat hambatan seperti terbatasnya bahan bacaan, kurangnya pelatihan guru, dan minimnya dukungan lingkungan. Secara keseluruhan, GLS menjadi langkah strategis dalam membangun budaya literasi sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-16