MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III DI SDN 4 TUGURAJA KECAMATAN CIHIDEUNG KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Putri Valensa Endah Sukmana Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Ade Maftuh Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Febri Fajar Pratama Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13129

Abstract

Pendidikan tidak akan berjalan tanpa adanya proses belajar, dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh keterlibatan siswa, yang dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kedisiplinan. Keduanya memiliki peran penting dalam mendorong prestasi akademik dan pembentukan karakter siswa. Namun, di kelas III, masih ditemukan rendahnya tingkat motivasi dan kedisiplinan siswa, yang ditunjukkan dengan kurangnya keterlibatan dalam kegiatan belajar, ketidakpatuhan terhadap aturan, dan rendahnya rasa ingin tahu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan secara mendalam bagaimana motivasi belajar dan kedisiplinan siswa serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah, terutama dalam pembelajaran mandiri dan ketekunan. Meski demikian, sebagian besar siswa memiliki semangat belajar dan cita-cita, yang menjadi modal awal yang baik. Kedisiplinan juga tergolong rendah pada aspek seperti pengerjaan PR, kepatuhan aturan, dan kerapihan. Rendahnya motivasi dan disiplin dipengaruhi oleh faktor ekonomi keluarga, perceraian, kurangnya perhatian, dan keterbatasan fasilitas belajar di rumah. Penelitian ini memberikan gambaran bagi guru untuk meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-16