ANALISIS “AYO, BERMAIN!” BUKU BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KELAYAKAN BUKU BSNP

Authors

  • Marisa Rizqi Nur Ardila Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Hisyam Yassar Universitas Negeri Semarang
  • Silvia Rahmadani Universitas Negeri Semarang
  • Alifa Nasha Asnafia Universitas Negeri Semarang
  • Yusrina Amaladina Kusuma Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13130

Abstract

Penguasaan ejaan yang tepat merupakan aspek mendasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya bagi siswa di jenjang sekolah dasar. Artikel ini bertujuan mengkaji kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam Bab 2 buku Bahasa Indonesia: Aku Bisa! (Edisi Revisi) untuk kelas I SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis konten materi dan latihan menulis dalam bab tersebut. Hasil analisis menunjukkan masih ditemukannya berbagai kesalahan ejaan, seperti penggunaan huruf kapital yang tidak konsisten, kesalahan dalam penggunaan tanda baca, serta kekeliruan dalam pemisahan dan penggabungan kata. Temuan ini mengindikasikan perlunya peningkatan ketelitian dalam penyusunan bahan ajar agar sejalan dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. Dengan perbaikan pada aspek ejaan, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik dan keterampilan menulis yang lebih kokoh sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-16