ANALISIS “AYO, BERMAIN!” BUKU BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KELAYAKAN BUKU BSNP
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i2.13130Abstract
Penguasaan ejaan yang tepat merupakan aspek mendasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya bagi siswa di jenjang sekolah dasar. Artikel ini bertujuan mengkaji kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam Bab 2 buku Bahasa Indonesia: Aku Bisa! (Edisi Revisi) untuk kelas I SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis konten materi dan latihan menulis dalam bab tersebut. Hasil analisis menunjukkan masih ditemukannya berbagai kesalahan ejaan, seperti penggunaan huruf kapital yang tidak konsisten, kesalahan dalam penggunaan tanda baca, serta kekeliruan dalam pemisahan dan penggabungan kata. Temuan ini mengindikasikan perlunya peningkatan ketelitian dalam penyusunan bahan ajar agar sejalan dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. Dengan perbaikan pada aspek ejaan, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik dan keterampilan menulis yang lebih kokoh sejak dini.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
