PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELARAN DISCOVERY LEARNING PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMANDI NEGERIKU

Toni Hidayat, Mawardi Mawardi, Suhandi Astuti

Sari


Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditemukan dalam pembelajaran tematik, kompetensi yang harus dimiliki siswa salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa supaya lebih efektif. Dari hasil observasi kemampuan berpikir kritis dari 21 siswa terdapat 19,1% siswa yang termasuk dalam kategori berpikir kritis tinggi, 23,8% siswa yang termasuk kategori berpikir kritis sedang dan 33,3% siswa yang termasuk kategori berpikir kritis rendah dan 23,8 siswa yang termasuk kategori berpikir kritis sangat rendah. Sedangkan dari data ketuntasan hasil belajar siswa dengan Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) 70 dari 21 siswa terdapat 7(33,3%) siswa mencapai KKM, dan 14 (66,4%) siswa yang belum mencapai KKM. Bersarkan permasalahan dan hasil observasi tersebut dilakukan upaya memperbaiki proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penelitian tindakan. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas 4 SD Negeri Dukuh 05 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan angket dan hasil belajar siswa menggunakan soal tes yang telah memenuhi persyaratan tingkat reliabilitas, validitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya serta lembar observasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Dukuh 05 Salatiga. Temuan ini didasarkan pada data bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Tematik siswa kelas 4 SD Negeri Dukuh  05 Salatiga. Hal ini terbukti berdasarkan data hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam kategori berpikir kritis tinggi setelah diberikan tindakan pada siklus I sebanyak 15 siswa (72,2%) dan pada siklus II sebanyak 17 siswa (81,7%). Dan terjadi peningkatan hasil belajar  pada siklus I sebanyak 15 siswa (71,4%) dan pada siklus II sebanyak 18 siswa (85,7%).

Kata Kunci


Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Discovery Learning

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 128 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2013-2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNSIKA. All rights reserved.
Address: Jl. H. S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Phone: +62817228396, e-mail: journal.judika@unsika.ac.id
p-ISSN: 2338-2996 I e-ISSN: 2528-6978