KATEGORI FATIS PADA ACARA WAWANCARA DI BANDUNG (KAJIAN SINTAKSIS)

Sinta Rosalina

Sari


Penggunaan bahasa lisan jika dikaitkan dengan makna dipengaruhi oleh tinggi rendah dan panjang pendeknya nada suara. Salah satu yang paling berpengaruh dalam penggunaan bahasa lisan tak baku adalah kategori fatis. Penelitian ini mendeskripsikan kategori fatis dalam acara wawancara di radio berdasarkan kalimat dan posisinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah acara wawancara di radio Ardan, OZ, dan Ninetyniners. Analisis data menunjukkan bahwa kategori fatis yang terdapat dalam sumber data ialah deh, dong, halo, kan, kok, lah, lho, mah, nah, nih, sih, tuh, ya, dan yah. Kategori fatis dong dan lah terdapat pada kalimat deklaratif, imperatif, dan interogatif; halo, kan, kok, nah, nih, sih, ya, dan yah terdapat pada kalimat deklaratif dan interogatif; sedangkan deh, lho, mah, dan tuh terdapat pada kalimat deklaratif. Kategori fatis yang dapat berdiri sendiri ialah halo, kategori fatis yang terdapat setelah konstruksi ialah deh, dong, mah, dan sih, kategori fatis yang terdapat sebelum konstruksi ialah nah, kategori fatis yang terdapat sebelum atau setelah konstruksi ialah kan, kok, lah, loh, nih, tuh, ya, dan yah.

Kata Kunci


Fatis Catergory; Syntactic Study

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 32 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2013-2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNSIKA. All rights reserved.
Address: Jl. H. S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Phone: +62817228396, e-mail: journal.judika@unsika.ac.id
p-ISSN: 2338-2996 I e-ISSN: 2528-6978