PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Dani Fimansyah

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 3) Pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Besar sample sebanyak 40 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Matematika bentuk uraian dengan option sebanyak 5 soal yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas = 0,495. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, disebabkan karena banyaknya faktor seperti banyaknya siswa dalam kelas dan banyaknya mata pelajaran sehingga guru sulit membangkitkan minat belajar siswa(3) Terdapat pengaruh interaksi yang tidak signifikan antara strategi pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, disebabkan minat belajar siswa yang biasa-biasa saja disebabkan beberapa faktor seperti fasilitas yang kurang, perhatian guru, perhatian orang tua atau materi menghitung keliling dan luas segitiga kurang berminat.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, R. W., dan David R Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arikunto, S. (1996) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Bina Aksara.

Aqib, Z. (2013) Mode-model Media dan Strategi Pembelajarn Kontekstual (Inovatif),Banung: Yrama Widya.

Dahar, R. W. (1996). Teori-Teori Belajar. Bandung: PT. Gelora Aksara Pratama

Dimyati, dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gie, T. L. 2004. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

_ _ _ _ _. (2003). Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Hurlock, E. (1990). Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Imran, A. (1996). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Karli, dkk. (2003). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Depdiknas.

Margono, S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nasution, S. (1982). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jommais.

_ _ _ _ _. (2005). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

_ _ _ _ _ _. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.. Bandung: Bumi Aksara.

Purwanto, M. N. (2000). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rose, A. M. (2004). Model for Teaching and Learning. (http/www.bsu.edu/web/arose/BSUCourses/ITEDU699/LP/m odel03.htm). Tanggal diakses; 10/5/2013

Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tarsito.

_ _ _ _ _ _ _. (1998). Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta

Sahono, B. (2005). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Sainsâ€. Jurnal Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ, 7(1), 92-109.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

_ _ _ _ _. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suherman, E. (2003) Evaluasi Pembelajaran Matematika Untuk Guru dan Mahasiswa Calon Guru Matematika. Bandung: JICA UPI

Sumanto, W. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Supardi, U.S.(2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta : UFUK PRESS

Suparman. I. A. (2012). Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah (SPSS, MINITAB, dan LISREL). Tangerang: PT Pustaka Mandiri

Suryabrata, S. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Syah, M. (1999). Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Wahid, A. (1998). Menumbuhkan Minat dan Bakat Anak†dalam Chabib Toha (eds), PBMPAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winkell, W.S. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Published

2015-03-01