PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PLAWAD II KARAWANG TIMUR

Authors

  • Sutri Sutri

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.206

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan media gambar berseri di SDN 2 Plawad Karawang Timur? (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan media gambar berseri di SDN 2 Plawad Karawang Timur? (3) bagaimana Kemampuan siswa kelas IV SDN 2 Plawad Karawang Timur menulis narasi berdasarkan urutan gambar berseri? Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, adapun strategi dalam penelitian adalah studi kasus tunggal karena yang akan diteliti hanya di satu sekolah yaitu di Sekolah dasar Negeri 2 Plawad Karawang Timur. Data dalam penelitian ini adalah hasil tulisan siswa yang berupa karangan narasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode aktif interaktif.Hasil penelitian ini adalah (1) setiap akan mengajar guru selalu menyiapkan apersepsi, tugas-tugas yang akan diberikan, materi, RPP dan silabus yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis di SDN 2 Plawad Karawang Timur meliputi; materi, metode, media, dan evaluasi. Materi yang diajarkan adalah menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan; metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah, tanya-jawab, dan brainstorming; media yang digunakan adalah potongan gambar seri yang diacak; dan evaluasi yang dilakukan oleh guru adalah dengan penilaian portofolio (3) kemampuan siswa kelas IV SDN 2 Plawad Karawang Timur menulis narasi berdasarkan gambar berseri cukup karena sebagian besar siswa dapat mendeskripsikan gambar menjadi sebuah karangan yang baik dengan penggunaan diksi yang bervariasi, penggunaan kata ganti, substitusi, penggunaan huruf kapital yang blm tepat, pelesapan (elipsisi), dan dapat membedakan preposisi dengan prefiks.

Kata Kunci: Menulis Narasi, Media Gambar

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum, I. M. (2006). Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar (Studi Kasus pada SD Bulukantil Surakarta). Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Asnawir, dan Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pres.

Baryadi, P. (2002). Dasar-Dasar Analisis Wacana Dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

Haryanto. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, G. (2001). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Kusumah, W. (2007). Media Pembelajaran. Dalam http:wijayalabs.blogspot.com/2007/11/media-pembelajaran.html, diakses 1 November 2013.

Kurniawan, K. (2013). Model Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Lanjut. Dalam http://researchengines.com/0106moh.html, diakses 1 November 2013.

Muchlisoh, dkk.. (1992). Materi Pokok Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Parera, J. D. (1986). Linguistik Edukasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Pranowo. (1996). Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwanto, M. N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rofi’uddin, A. (2006). Evaluasi Proses Pembelajaran Menulis. Dalam http:www.malang.ac.id/jurnal/fip/sd/1999a.html, diakses 25 Juli 2007.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sadiman, A., dkk.. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarigan, H. G. (1985). Menuis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Widyamarta, O. A. (1990). Seni Mengayakan Kalimat. Yogyakarta: Kanisius.

Yin, R. K. (2003). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yamin, M. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Published

2015-03-01