PENGARUH SISTEM PENILAIAN KINERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA KEPADA KINERJA GURU DI SMA

Authors

  • Resty Gustiawati

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sistem Penilaian Kinerja dan Kepemimpinan terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Kepada Kinerja Guru di SMA. Metode yang digunakan adalah metode survai dengan bentuk kuisioner dengan jumlah populasi adalah 54 orang guru SMA. Dari hasil analisis data penelitian Sistem penilaian kinerja, secara simultan kepemimpinan dan motivasi kerja guru kepada kinerja guru, menunjukkan hasil perhitungan koefisien pengaruh variabel eksogenus terhadap variabel endogenus sebesar 0,111 (11,1%). tampak nilai Ï > nilai α Jadi 0,113 > 0,05 maka H0 diterima, analisis uji F berdasarkan hasil perhitungan uji F secara parsial F hitung = 2,091, dengan F tabel = 3,27, hasil ini menunjukkan bahwa  Fhitung < Ftabel atau 2,091 > 3,27. Hal ini berarti menunjukkan bahwa  tidak ada pengaruh yang berarti antara variabel sistem penilaian kinerja, kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan kepada kinerja guru di SMA. Sistem penilaian kinerja dan kepemimpinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru. Hasil perhitungan koefisien determinasi 0,537 (53,7%) dan besarnya pengaruh sebesar 28,8%. tampak nilai Ï < nilai α. Jadi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara sistem penilaian kinerja dan kepemimpinan secara simultan terhadap motivasi kerja. Secara parsial Berdasar hasil perhitungan koefisien korelasi yaitu rhitung = 0,390, dan rtabel = 0,273 tampak nilai Ï < nilai α . Jadi 0,006 < 0,05 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang berarti antara sistem penilaian kinerja dengan motivasi kerja. Berdasar hasil perhitungan koefisien korelasi yaitu rhitung = 0,372, dan rtabel = 0,273. Koefisien korelasi nilai r > dari nilai r tabel yang berarti signifikan. Tampak nilai Ï < nilai α. Jadi 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak  artinya  terdapat pengaruh yang berarti antara kepemimpinan dengan motivasi kerja guru SMA.

Kata Kunci: Sistem Penilaian, Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Cetakan Keduabelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Brata, S. S. (2009). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada

Danim, S., dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan, Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Komaruddin. (1994). Ensiklopedia Menejemen, Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Ikrar Mandiiabadi

Muhidin, S.A., dan Abdurahman, M. (2009). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia

Pangabean, M. S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kedua. Ghalia Indonesia

Poerwadarminta. (1984). Kamus Bahasa Indonesia. Bandung: Balai Pustaka Grafindo Persada

Purwanto, M. N. (2001). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Cetakan Kesepuluh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Purwoto, A. (2007). Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Jakarta: PT. Grasindo

Riduwan. (2006a). Belajar Penelitian untuk Guru–Karyawan dan Peneliti Pemula, Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta

_______. (2006b). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta

Ruseffendi, E.T. (1998). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press

Singarimbun, M., dan Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survai, Edisi Revisi. Jakarta: LP3ES

Soetjipto dan Kosasi, R. (2004). Profesi Keguruan, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syafruddin, N. (2005). Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Cetakan Ketiga. Jakarta: Quantum Teaching

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Veithzal, R. (2008). Performance Appraisal, Edisi Kedua. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers

Published

2015-11-01