IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERSAMAAN DIFERENSIAL

Authors

  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.213

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen dengan desain the randomized solomon four-group design, yang dilakukan terhadap mahasiswa semester VI tahun akademik 2014-2015 pada mata kuliah Persamaan Diferensial Tujuan penelitian ini selain untuk membandingkan kemampuan berpikir kreatif matematis dari kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran problem posing atau tidak, juga untuk membandingkan kemampuan berpikir kreatif dari kelompok mahasiswa yang diberi pretes atau tidak. Berdasarkan analisis data menggunakan one way ANOVA, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) pada taraf kepercayaan 95%, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran problem posing dengan yang tidak; dan 2) pada taraf kepercayaan 95%, tidak cukup bukti untuk menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara kelompok mahasiswa yang diberi pretes dengan yang tidak. Dengan demikian, perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis yang terjadi disebabkan oleh adanya perlakuan model pembelajaran problem posing bukan disebabkan oleh pemberian pretes di awal perkuliahan.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Problem Posing, Persamaan Diferensial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., and Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. United States (New York): McGraw-Hill

Silver, E. A. (1994). On Mathematical Problem Posing. Journal for the Learning of Mathematics, 14 (1), 19 - 28.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Torrance, P. E. (1969). Creativity What Research Says to the Teacher. Washington DC: National Education Association.

Published

2015-11-01