IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA

Authors

  • Asep Sahrudin Sekretariat Jurnal Pendidikan UNSIKA

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v4i1.233

Abstract

Penelitian ini di dilatarbelakangi oleh informasi dari surat kabar Pikiran Rakyat Edisi 5 Januari 2009, bahwa Departemen Pendidikan Amerika Serikat menyebutkan pekerja tamatan sekolah menengah dengan kemampuan matematika yang tinggi mempunyai karier yang lebih baik daripada mereka yang memiliki kemampuan matematika rendah. Ini sekaligus menjawab kekhawatiran mahasiswa Jurusan Matematika tentang masa depan karier mereka yang sering disebut-sebut tidak jelas (Dr. Sudrajat, MS) dalam seminar sehari Matematika dengan tema "The Power of Mathematics for All Application". Maka tidak berlebihan jika mengklaim bahwa matematika memegang peranan kunci dalam pembentukan sumber daya manusia yang handal, untuk perkembangan peradaban manusia. Maka dari itu terobosan dalam pembelajaran matematika perlu ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang digunakan untuk membuktikan hipotesis dengan membandingkan dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas perlakuan) merupakan kelompok mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis dan kelompok kontrol yaitu mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Uiversitas Mathla’ul Anwar Banten Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu Semester IV Kelas B Sebanyak 25 Mahasiswa sebagai kelas Kontrol dan Semester IV kelas C Sebanyak 24 Mahasiswa sebagai Kelas Eksperimen. Dari hasil uji Mann-Whitney di atas didapat nilai p-value atau Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tutor sebaya.

Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asep Sahrudin, Sekretariat Jurnal Pendidikan UNSIKA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Firdaus, A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SLTP Melalui Pembelajaran Menggunakan Tugas Bentuk Superitem. Tesis PPS-UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Gagne, R.M. (1985). The Condition of Learning. New York: Holt. Rinehart and Winston

Hamzah (2003). Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Bandung melalui Pendekatan Pengajuan Masalah. Bandung: Disertasi SPs UPI. Tidak diterbitkan.

Kantowski, M.G. (1981). Problem Solving. Elizabeth Fennema (editor) Mathematics Education Research, Implications for 80’s. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development

Polya, G. (1985). How To Solve It 2nd ed. New Jersey : Princeton University Press

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: PT Tarsito.

Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hand Out. Bandung: tidak diterbitkan

Suherman, E dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Technical Cooperation Project for Development of Science and Mathematics Teaching for Primary and Secondary Education in Indonesia. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Suherman, E dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI Bandung.

Sukasno. (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri. Tesis pada PPS-UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Published

2016-03-01