PANJANG RATA-RATA TUTURAN ANAK USIA 2 TAHUN 7 BULAN DALAM BINGKAI TEORI PEMEROLEHAN BAHASA ANAK

Authors

  • Roni Nugra Syafroni Sekretariat Jurnal Pendidikan UNSIKA

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v4i1.237

Abstract

Jumlah elemen yang mengandung arti dalam kalimat yang diucapkan anak dapat diukur dengan panjang rata-rata tuturan atau mean length of utterance (MLU). MLU merupakan satu konsep yang digunakan untuk mengukur produk linguistik yang dihasilkan oleh seorang anak. Secara umum, penghitungan MLU dilakukan dengan membagi bilangan morfem dengan bilangan ujaran. Artinya, jumlah bilangan ujaran yang diperlukan adalah 50 atau 100 ujaran utama anak. Semakin tinggi MLU anak, maka semakin tinggilah penguasaan berbahasa anak tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tuturan seorang anak berusia 2 tahun 7 bulan. Data diambil dengan menggunakan alat rekam. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang anak laki-laki berusia 2 tahun 7 bulan yang bernama Muhammad Akbar. Data penelitian diperoleh selama 2 minggu, yaitu mulai dari tanggal 14 hingga 28 Desember 2015. Bahasa yang digunakan sehari-hari oleh Muhammad Akbar adalah bahasa Indonesia dan terkadang menggunakan campur kode bahasa Sunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa pertama anak usia 2 tahun 7 bulan berdasarkan pengukuran MLU-nya. Hasil analisis membuktikan, subjek penelitian telah mampu bertutur dari kalimat satu-kata sampai kalimat tujuh-kata. Jenis kata yang telah dikenal subjek penelitian adalah nomina (N), verba (V), adjektiva (Adj), adverbia (Adv), dan numeralia (Num). Bila dilihat dari pola kalimat, Muhammad Akbar telah mampu bertutur dengan pola dengan pola dasar, seperti FV + FN, FN + FN, FN + FAdj, FV + FAdj, dan FV+Adv.

Kata Kunci: Tuturan, Tuturan Anak, Panjang Rata-Rata Tuturan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Roni Nugra Syafroni, Sekretariat Jurnal Pendidikan UNSIKA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Alwasilah, A. C. (1997). Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik: Pengatar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

_____________. (2003). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

_____________. (2000) ECHA : Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Mar’at, S. (2005). Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Nababan, P.W.J, dan Subyakto, S. U. (1992). Psikolinguistik: Suatu Pengatar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Owens, J. E. (2008). Excerpt from Language Development: An Introduction. [Online]. Tersedia: http://www.education.com/reference/article/acquisition-sentence-form. [Diakses 30 November 2015].

Published

2016-03-01