IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH FOUNDATION OF EYL

Nina Puspitaloka, Shinta Nur Hasanah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menginvestigasi penerapan model pembelajaran Blended Learning, (2) mengetahui persepsi mahasiswa, serta (3) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi selama menggunakan Blended Learning pada Mata Kuliah Foundation of EYL. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Lembar observasi, kuesioner, dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil dari penelitian adalah: (1) pengimplementasian model pembelajaran Blended Learning pada mata kuliah Foundation of EYL dapat diintegrasikan dengan Google Classroom. Kelas online dan kelas tatap muka dilaksanakan bergantian setiap minggunya; (2) persepsi mahasiswa terhadap pengimplementasian model pembelajaran ini yaitu sebagian besar mahasiswa memberikan respon yang positif karena dianggap sebagai model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan; (3) Kendala-kendala yang dihadapi adalah koneksi internet yang kurang memadai, saat pembuatan video dibutuhkan tempat yang minim gangguan suara, saat mengedit video dibutuhkan kemampuan yang mumpuni, dan waktu yang cukup lama saat penggunggahan video.


Kata Kunci


Foundation of EYL; Blended Learning; Google Classroom

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2013-2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNSIKA. All rights reserved.
Address: Jl. H. S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Phone: +62817228396, e-mail: journal.judika@unsika.ac.id
p-ISSN: 2338-2996 I e-ISSN: 2528-6978