IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH FOUNDATION OF EYL

Authors

  • Nina Puspitaloka Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Shinta Nur Hasanah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v8i1.3079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menginvestigasi penerapan model pembelajaran Blended Learning, (2) mengetahui persepsi mahasiswa, serta (3) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi selama menggunakan Blended Learning pada Mata Kuliah Foundation of EYL. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Lembar observasi, kuesioner, dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil dari penelitian adalah: (1) pengimplementasian model pembelajaran Blended Learning pada mata kuliah Foundation of EYL dapat diintegrasikan dengan Google Classroom. Kelas online dan kelas tatap muka dilaksanakan bergantian setiap minggunya; (2) persepsi mahasiswa terhadap pengimplementasian model pembelajaran ini yaitu sebagian besar mahasiswa memberikan respon yang positif karena dianggap sebagai model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan; (3) Kendala-kendala yang dihadapi adalah koneksi internet yang kurang memadai, saat pembuatan video dibutuhkan tempat yang minim gangguan suara, saat mengedit video dibutuhkan kemampuan yang mumpuni, dan waktu yang cukup lama saat penggunggahan video.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-04-30 — Updated on 2020-03-30

Versions