PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER BANGSA

Authors

  • Yang Yang Merdiyatna Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v4i2.388

Abstract

-Hadé goréng ku basa.-

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat manusia harus semakin pandai dalam menjalani proses kehidupan. Dalam kehidupan bahasa memiliki peran yang sangat penting. Kegiatan dalam kehidupan memerlukan bahasa sebagai media. Bahasa pun bisa menentukan karakter suatu bangsa. Oleh karena itu, kita harus berbahasa yang baik dan benar. Dalam hal ini bahasa Indonesia memiliki peran dalam pembetukan karakter bangsa Indonesia. Hal itu dapat diwujudkan dengan tidak memisahkan pendidikan bahasa Indonesia dengan kaidah agama. Dengan demikian, pendidikan bahasa Indonesia tidak hampa, tetapi memiliki kebermaknaan secara spiritual.

 

Kata Kunci: Pendidikan Bahasa Indonesia, Karakter Bangsa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yang Yang Merdiyatna, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Bahreisy, H. 1992. Himpunan Hadits Pilihan: Hadits Shahih Bukhari. Surabaya: Al-Ikhlas.

Hamka. 1983. Tafsir Al Azhar Juzu’XXIXX. Jakarta: PT Pustaka Panjimas.

Kementerian Pendikan Nasional Republik Indonesia. (2011). Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Diunduh 16 Februari 2011.

Mulyana, Y. 2010. “Pendidikan Karakter: Pembelajaran Nilai Kebajikan dari Gagasan ke Tindakan.” Makalah pada Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung, 25 Oktober 2010.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Rusyana, Y. 2011. “Menjadi Pribadi Mulia Melalui Pendidikan Bahasa: Pokok-Pokok Pikiran.” Makalah pada Seminar Internasional Pragmatik Lintas Budaya: Harmonisasi Komunikasi Global Melalui Pemahaman Pragmatik Lintas Budaya. Bandung, 4 Maret 2011.

Soenarjo, R.H.A., dkk. 2006. Al Qur‘an dan Terjemahnya. Kerajaan Arab Saudi: Mujamma’ Al Malik Fahd Li Thiba’at Al Mush-Haf Asy Syarif.

Tampubolon, D. P. 2009. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Published

2016-11-07