PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEMUDA PRODUKTIF MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN HIAS

Authors

  • Ahmad Syahid Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v4i2.390

Abstract

Etos kerja yang belum dimiliki oleh kebanyakan angkatan kerja mengakibatkan kurangnya motivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga kalah bersaing dengan tenaga kerja dari luar daerah. Akibatnya persaingan akan semakin ketat dan tentunya hal ini berdampak pada jumlah lapangan kerja yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah angkatan kerja yang tak terbatas. Pendidikan nonformal sebagai salah satu subsistem pendidikan nasional yang lebih mengarahkan pendidikannya kepada penciptaan lapangan kerja (usaha mandiri) agar peserta didik dapat menguasai keterampilan fungsional dan mampu menciptakan lapangan kerja mandiri memberikan jawaban dari permasalahan diatas. Salah satunya melalui kegiatan pemberdayaan kelompok pemuda produktif  melalui pelatihan budidaya ikan hias di PKBM Isma Al-Mudawamah Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitiannya terdiri dari dua bagian, pertama, sebagai “Sumber Informasi”, yaitu responden yang terdiri dari empat orang anggota pelatihan. Kedua, “Sumber Informan”, yaitu terdiri dari penyelenggara dan satu tutor. Sehingga total jumlah subyek penelitian adalah enam orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan data tentang proses, hasil, dampak dan faktor pendukung dan penghambatnya.

Kata Kunci: Pelatihan dan Pemberdayaan Kelompok Pemuda Produktif

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Syahid, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Prodi Pendidikan Luar Sekolah

References

Moekijat. 1991. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya manusia. Jakarta: Mandar Maju

Kamil, M. 2007. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Kindervatter, S. 1979. Nonformal Education As Empowering Process. Massachusetts: Center For International Education Hills South University of Massachusetts Amherst, Mass, USA.

Kartika, I. A. F. 2011. Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. 2000. Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nasution, 1988. Metode Penelitian Naturalistik dan Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Siagian, S. P. 1998. Pelatihan Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Simamora, H. 1995. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Empat Sekawan.

Sudjana, D. 2010a. Pendidikan Nonformal (Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas). Bandung: Falah production.

____________. 2010b. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif Pendidikan Nonformal, Bandung, Falah production.

____________. 2010c. Strategi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah, Bandung, Falah production.

____________. 2007, Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung: Falah Production

Sugiyono. 2013. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yusuf, B. 2002. Cara Pemeliharaan Ikan. Jakarta: Agro Madia Pustaka.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003. 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Published

2016-11-07