MODERNISASI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MEMASUKI ABAD 21

Authors

  • Euis Anih STKIP Subang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v4i2.391

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat di era globalisasi saat ini tidak berpengaruh terelakkan di dunia pendidikan. Permintaan global memerlukan pendidikan untuk selalu terus-menerus menyesuaikan dengan upaya pengembangan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  untuk pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Memasuki abad ke- 21 TIK kini sangat merasa perlu dan pentingnya untuk belajar peningkatan kualitas. Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi menyediakan cakupan yang luas, cepat, efektif, dan efisien untuk penyebaran informasi ke berbagai belahan dunia. Kecenderungan perubahan dan inovasi dalam dunia pendidikan terus terjadi dan berkembang dalam memasuki abad ke-21 sekarang. Perubahan tersebut meliputi: mudah untuk mencari sumber belajar, lebih banyak pilihan untuk digunakan dan penggunaan TIK, meningkatnya peran media dan multimedia dalam kegiatan pembelajaran, waktu belajar yang lebih fleksibel, penggunaan pembelajaran berbasis komputer, komputer dibantu instruksi, penggunaan media televisi/ video, mobile learning, e-learning, sistem manajemen pembelajaran, kurikulum on-line, e-library, model pembelajaran dengan pembelajaran sistem individual, kompetensi patokan terutama bukan dari institusi sekolah yang dengan ijazah, melainkan dikembangkan melalui standarisasi, akreditasi, dan sertifikasi oleh kelompok profesional.

Kata Kunci: Modernisasi Pembelajaran,  Teknologi Informasi dan Komunikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Euis Anih, STKIP Subang

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Alavi, M., dan Gallupe, R. B. 2003. Using Information Technology in Learning: Case Studies in Business and Management Education Programs. Academy of Management Learning and Education, 2(2), 139–153.

Haryanto, E. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Andi

Indrajit, R. E. 2011. Peranan Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi: Paradigma, Konsep, Startegi Implementasi. Jakarta: Aptikom

Kilpatrick, J., and Findell, B. 2001. Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Mason, R. 1994. Model of online cources. ALN Magazine

Resnick, L. B. 1989. Knowing, Learning, and Instruction: Essay in Honor of Robert Glaser (pp. 1-24). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published

2016-11-07