PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Authors

  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v4i2.392

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi dan penalaran matematis serta disposisi matemamatis siswa. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis serta disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking. Metode dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Karawang, sedangkan tempat penelitiannya adalah SMPN 3 Karawang yang dipilih secara acak. Dari kelas yang dipilih secara acak kelas diperoleh 40 orang siswa kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking dan 40 orang siswa kelas kontrol yang memperoleh Pembelajaran langsung. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes kemampuan skala dan observasi. Instrumen yang digunakan berbentuk tes uraian yang telah dilakukan uji coba terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking lebih rendah tidak secara signifikan daripada siswa yang menggunakan Pembelajaran langsung dan pencapaian kemampuan penalaran matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking lebih baik daripada siswa yang menggunakan Pembelajaran langsung.

Kata kunci : Metaphorical Thinking, Komunikasi Matematis, Penalaran Matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lessa Roesdiana, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Permendiknas no 22 Tahun 2006. Standar Isi.

Hendriana, H. 2012. Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 1, No.1., 2012.

Hendriana, H, dan Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Cimahi: Refika Aditama.

Hulukati, E. 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Generatif. Bandung: Disertasi PPs UPI. Tidak diterbitkan.

Lestari, K, dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standard for School Mathematics. Virginia: NCTM inc.

Rohaeti, E.E. 2003, Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode IMPROVE untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SLTP. Tesis. Bandu ng. PPS UPI Bandung.

Ruseffendi, E.T. 2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

______________ 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sumarmo, U. 2013. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

TIMMS. 2011. International Result in Mathematics. International Study Center.

Undang-undang R.I. No 23. 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Published

2016-11-07