ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Authors

  • Nurcamelia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indra Budiman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v11i2.8450

Abstract

Hasil belajar siswa yakni ukuran kesuksesan dalam dunia pendidikan, yang digunakan untuk menaksir kemampuan, pemahaman, dan penguasaan materi setelah menempuh proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dirancang untuk mengetahui dan menganalisis hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa SMP di Kabupaten Bekasi pada tahun pelajaran 2022/2023 ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Instrumen pada penelitian ini merupakan angket kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika dengan jumlah 35 pernyataan dan pengambilan data hasil belajar matematika melalui dokumen nilai Ujian Tengah Semester, yang kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan tingkat kepercayaan dirinya untuk mengetahui kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bekasi. Secara deskriptif dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik termasuk dalam kategori tinggi, namun untuk hasil belajar matematika peserta didik yang diukur melalui Ujian Tengah Semester ganjil menunjukan hasil yang masih rendah. Sesuai presentase pencapaian hasil belajar melalui nilai Ujian Tengah Semester ganjil, peserta didik dengan nilai ujian rendah ternyata memiliki kepercayaan yang cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-21