ANALISIS LITERASI MATEMATIS PISA KELAS IX SMP AL MUBAROK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER

Authors

  • Aulia Azka Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indra Budiman Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v11i2.8474

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan data analisis kemampuan literasi matematis kelas IX SMP Al Mubarok ditinjau dari gaya kognitif visualizer serta verbalizer. Sumber data dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IX SMP Al Mubarok Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan hasil angket gaya kognitif visualizer serta verbalizer, yaitu diambil satu siswa dengan gaya kognitif visualizer serta satu siswa bergaya kognitif visualizer. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi matematika, angket gaya kognitif, serta wawancara terstruktur. Dari hasil pembahasan yang telah dipaparkan diperoleh kesimpulan terkait literasi matematis siswa kelas IX SMP Al Mubarok dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari gaya kognitif (1) visualizer, siswa dengan gaya kognitif visualizer mampu memenuhi literasi matematis pada indikator formulate, employ, serta interpret, serta (2) verbalizer, siswa dengan gaya kognitif verbalizer mampu memenuhi literasi matematis pada indikator formulate, employ, serta interpret.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-21