EFEKTIFKAH KURIKULUM DAN MATERI BERBASIS ENTERPRENEURSHIP DI PERGURUAN TINGGI INDONESIA SAAT INI?

Authors

  • Fira Nisa Rahmawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Subiyantoro Subiyantoro Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Beti Nur Hayati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan kurikulum dan materi berbasis entrepreneurship di perguruan tinggi Indonesia saat ini serta mencari solusi agar kurikulum berbasis entrepreneurship dapat dikembangkan dengan baik dan optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Meskipun beberapa perguruan tinggi telah menerapkan pendidikan entrepreneurship, kurikulum atau materi yang diberikan pada mata kuliah entrepreneurship belum mampu menumbuhkan nilai-nilai entrepreneurship di dalam diri mahasiswa. Oleh karena itu, ada lima strategi pembelajaran yang dapat membentuk karakter entrepreneurship mahasiswa yaitu: 1) Creative critical constructive imagination, 2) Entrepreneurial real-life experience, 3) Educative disequilibrium conditioning, 4) Coaching and mentoring with collaboration and competition 5) Community and market impact and involvement. Selain itu, perguruan tinggi perlu menerapkan tujuh strategi untuk mengembangkan entrepreneurship, yaitu: 1) menyusun kurikulum, 2) Peningkatan SDM Dosen 3) Membentuk entrepreneur centre, 4) Kerjasama dengan dunia usaha, 5) Membentuk unit usaha, 6) Kerjasama dengan institusi keuangan, 7) Entrepreneurship Award.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-29