PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Authors

  • Yogi Kuswantini Universitas Panca Sakti
  • Nita Priyanti Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.9915

Abstract

Permasalahan kepercayaan diri menjadi tantangan tersendiri bagi anak usia dini atau prasekolah. Bersiap-siap memasuki usia sekolah, anak usia dini membutuhkan kemampuan beradaptasi yang baik terhadap berbagai perubahan yang terjadi. Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan, interaksi sosial, dan tuntutan akademis membutuhkan kepercayaan diri anak. Peran orang tua dianggap penting untuk memberikan dukungan bagi terbangunnya kepercayaan diri anak. Demikian pula dengan kesiapan belajar anak yang dianggap penting untuk membangun kepercayaan diri mereka dalam beradaptasi. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan mengungkapkan pengaruh kesiapan belajar dan dukungan orang tua terhadap kepercayaan diri anak usia dini. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS V26.0 for Windows.  Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan normalitas data. Pembuktian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh kesiapan belajar dan dukungan orang tua terhadap kepercayaan diri anak usia dini. Dari regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa variabel bebas, baik kesiapan belajar maupun dukungan orang tua secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat kepercayaan diri (uji t). Kesiapan belajar dan dukungan orang tua secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri (uji F). Kesiapan belajar dan dukungan orang tua memiliki kontribusi sebesar 55,2% terhadap kepercayaan diri (uji koefisien determinasi)

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-28