Panduan Penulisan

  1. Artikel JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) dapat berbentuk hasil penelitian, kajian teoritis, ataupun temuan baru atas kegiatan/pelatihan yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, karya tersebut belum pernah dipublikasikan pada jurnal, majalah ilmiah, dan prosiding lain.
  2. Artikel dikirim dalam bentuk softcopy (format doc) dengan cara submitted ke http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika.
  3. Artikel sebelum dimuat akan disunting terlebih dahulu, dengan kriteria
    1. Artikel diterima,
    2. Artikel diterima dengan revisi,
    3. Artikel belum diterima. Bila menurut editor dan atau mitra bestari artikel belum diterima maka tanpa ada surat menyurat, artikel tidak bisa diterbitkan. Adapun keterangan dapat dilihat melalui akun dengan terlebih dahulu log in di http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika.
  4. Artikel jurnal ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, memuat:
    1. Judul tidak lebih dari 15 kata Times New Roman 12 pt dengan huruf kapital dalam tulisan berbahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris. Nama penulis tanpa disertai gelar, dan bila artikel ditulis oleh beberapa orang, nama penulis utama ditulis pada urutan pertama.
    2. Abstrak tidak lebih dari 400 kata, dibuat dalam satu paragraf dengan dilengkapi kata kunci paling banyak 6 kata, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 10 pt.
    3. Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah atau tujuan penelitian yang dipaparkan dalam bentuk naratif. Bagian ini maksimal 10% dari keseluruhan artikel.
    4. Metodologi berisi tentang desain penelitian, pendekatan dan metode penelitian, teknik analisis data. Bagian ini maksimal 10% dari keseluruhan artikel.
    5. Hasil Penelitian/Kajian dan Pembahasan berisi tentang deskripsi dan verifikasi atas rumusan masalah yang ditetapkan. Deskripsi dan verifikasi tersebut dianalisis dengan mengacu kepada teori yang telah ditetapkan. Bagian ini berkisar 50%-60% dari keseluruhan artikel.
    6. Simpulan berisi tentang kristalisasi hasil penelitian dan pembahasan yang merupakan jawaban atas rumusan masalah/ tujuan penelitian, serta saran peneliti. Bagian ini maksimal 10% dari keseluruhan artikel.
    7. Daftar Rujukan hanya memuat semua sumber yang dirujuk dalam artikel. Bagian ini maksimal 5% dari keseluruhan artikel. Daftar rujukan ditulis dalam bentuk havard-APA style.
  5. Tata cara penulisan dan ketentuan tata letak naskah jurnal meliputi:
    1. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Yudhanegara, 2013:47).
    2. Daftar rujukan disusun dengan tata cara tertentu dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
    3. Dapat dilengkapi lampiran-lampiran jika diperlukan.
    4. Semua bagian artikel, dalam alinea pembahasan, tabel-tabel, dan juga grafik-grafik, harus dibuat dalam mode hitam-putih.
    5. Naskah jurnal ditulis pada kertas A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan total halaman berkisar 10-15 halaman.
    6. Semua margin atas, margin bawah, margin kiri, dan margin kanan 25 mm, sedangkan header dan footer 15 mm.
    7. Naskah ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pt, kecuali abstrak dan alamat instansi bekerja dengan huruf Times New Roman ukuran 10 pt.
    8. Istilah asing ditulis dalam cetak miring (italic) kecuali artikel berbahasa Inggris.
    9. Naskah ditulis dalam spasi satu.
    10. Penomoran sub-bab kecuali bab disajikan menggunakan struktur angka arab bertitik.
    11. Penulisan simbol matematika di dalam paragraf isi tulisan hendaknya tidak menggunakan equation editor, tetapi menggunakan insert symbol bila memungkinkan.
    12. Nomor urut dan judul tabel ditulis di bagian atas tabel yang dijelaskan. Contoh: Tabel 1, Tabel 2, dst.
    13. Nomor urut dan judul gambar ditulis di bagian atas gambar yang dijelaskan. Contoh: Gambar 1, Gambar 2, dst.
    14.  Nomor urut dan judul grafik ditulis di bagian atas grafik yang dijelaskan. Contoh: Grafik1, Grafik 2, dst.
    15. Judul tabel posisinya di atas tabel.
    16. Judul gambar dan judul grafik posisinya di bawah gambar dan grafik.
    17. Antara judul gambar dengan gambar dan antara judul tabel dengan tabel diberikan jarak sejauh setengah spasi.
  6. Editor berhak mengedit artikel untuk keperluan perbaikan dan layout setting, tanpa mengubah makna tulisan. Untuk perbaikan yang sangat mendasar dan besar, editor dapat meminta perbaikan kepada penulis