PERKEMBANGAN PROSES MORFOFONEMIK DI ERA DIGITAL: STUDI PADA ARTIKEL-ARTIKEL DARING

Authors

  • Nuryani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

artikel ini melihat proses morfofonemik yang terjadi atau ditemukan dalam artikel yang terbit secara daring. Artikel yang terbit secara daring dipilih karena dalam artikel tersebut sangat dimungkinkan dapat melihat perkembangan kebahasaan di era digital. Hal tersebut wajar karena dalam proses digital semua akan terjadi secara cepat, luas, dan bebas. Teori yang digunakan untuk melihat proses morfofonemik dalam artikel ini fokus pada proses morfofonemik yang disampaikan oleh Ramlan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan preskriptif. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa terjadi banyak sekali proses morfofonemik dalam artikel yang terbit secara daring. Proses yang sering ditemukan adalah pada proses perubahan kata. Hal tersebut dikarenakan kata-kata yang muncul adalah hasil pengembangan yang beberapa di antaranya belum dibakukan di dalam KBBI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ba’dulu, Abdul Muis dan Herman. (2010). Morfosintaksis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fajriyah, Wulandari Nur. (2014). PROSES MORFOFONEMIK PREFIKS ME-, BER-, TER, DAN DI- DENGAN ISTILAH TEKNKLOGI INFORMASI DALAM TUJUH BUKU TEKNOLOHI INFORMASI. Skripsi (S1) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. (Diunduh tanggal 28 November 2021)

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3. Unesa, Surabaya. (Diunduh pada tanggal 29 November 2021) https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Pramudiah, Pangastryan Wisesa dkk. PROSES MORFOLOGIS KATA MAJU BESERTA TURUNANNYA. Universitas Diponegoro, Semarang. (Diunduh pada 28 November 2021)

Rahayu, Puji. (2019). PENGARUH ERA DIGITAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. STAINU Lampung. Jurnal Al-Fathin Vol. 2 Edisi Januari-Juni. (Diunduh pada 29 November 2021)

Ramlan. (1985). Ilmu Bahasa Indonesia Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Nuryani. (2022). PERKEMBANGAN PROSES MORFOFONEMIK DI ERA DIGITAL: STUDI PADA ARTIKEL-ARTIKEL DARING . KOLASE, 1(1), 1–10. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/kolase/article/view/6290

Issue

Section

KOLASE