Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Model Project Based Learning

Development of Teaching Materials Writing Text Observation Reports Based on Project Based Learning Models

Authors

  • Siti Janatul Khusna UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Rahmawati Mulyaningtyas UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

Abstract

Integrasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di dalam bahan ajar berupa modul menulis teks LHO sangat penting bagi siswa untuk belajar secara kontekstual, baik individu maupun kelompok. Jadi, perlu adanya inovasi baru dalam pengembangan bahan ajar. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul menulis teks LHO berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang menarik, relevan, kontekstual, dan mudah dipahami. Selain itu, penelitian ini memaparkan tingkat kelayakan modul menulis teks laporan hasil observasi berbasis Project Based Learning. Model pengembangan ini diadaptasi dan modifikasi oleh Borg dan Gall. Pada tahap pertama uji validasi memperoleh 87,7%. Sedangkan pada tahap kedua hasil uji validasi memperoleh 94,76%. Uji validasi pada kedua tahap tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak diimplementasikan. Meskipun demikian, terdapat saran validator untuk memperbaiki unsur dalam bahan ajar agar semakin layak digunakan. Adapun hasil uji coba terbatas menunjukkan keberterimaan bahan ajar memperoleh 85,6% dengan disertai saran penyempurnaan. Dengan demikian, bahan ajar menulis teks LHO berbasis model Project Based Learning (PjBL) termasuk ke dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dengan penyempurnaan terhadap bagian bahan ajar tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktoral Pembinaan SMA.

Etikasari, D., & Mulyaningtyas, R. (2021). 'Unsur Keteladan Tokoh dalam Buku Digital H.B' Jassin: Perawat Sastra Indonesia sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Ghancaran: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Hidayah, R. N., Darmuki, A. & Hasanudin, C. (2019). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Quantum Learning dan Media Video pada Siswa Kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan 4 (1): 309–20.

Mulyaningtyas, R. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. BELAJAR BAHASA: Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5 (1): 151–60.

Nurhadiana. (2020). Desain dan Uji Coba Bahan Ajar E-Modul Interaktif melalui Pendekatan Chemcoentrepreneurship (CEP) pada Materi Asam Basa. Skripsi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses dari repository.uin-suska.ac.id

Simeru, O. A. I., & Tanamal, R. (2020). Analisis Faktor-faktor Kebermanfaatan, Kemudahan, dan Kepercayaan terhadap Intensi Pengguna Aplikasi UC Student. Jurnal Business Management,16 (2), 97–112.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2023-03-31 — Updated on 2023-04-12

Versions

How to Cite

Janatul Khusna, S. ., & Rahmawati Mulyaningtyas. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Model Project Based Learning: Development of Teaching Materials Writing Text Observation Reports Based on Project Based Learning Models. KOLASE, 1(2), 1–9. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/kolase/article/view/8794 (Original work published March 31, 2023)

Issue

Section

KOLASE