Sosialisasi Penggunaan Artificial Intelligence untuk Anak-Anak Komunitas Jendela Jakarta di Manggarai Utara
DOI:
https://doi.org/10.35706/kreatif.v3i1.13141Kata Kunci:
Anak, Artificial Intelligence, SosialisasiAbstrak
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan Artificial Intelligence (AI) kepada anak-anak berusia 6-13 tahun di Komunitas Jendela Jakarta, Cabang Manggarai Utara dengan pendekatan yang seru dan interaktif. Melalui topik "AI: Sahabat Baru untuk Membantu Kegiatan Kita Sehari-hari," kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi AI yang nantiya dapat membantu kegiatan sehari-hari anak-anak dan menambah wawasan terkait perkembangan tekonologi pada zaman sekarang. Metode yang digunakan meliputi pre-test untuk mengukur pengetahuan awal, penyampaian materi tentang AI dan machine learning, sesi tanya jawab, praktek langsung penggunaan tekonologi AI seperti Chat GPT, Microsoft Bing, dan aplikasi GoDentist, dan post-test untuk mengukur pemahaman setelah sosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dari 13 anak adalah 56.15, sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 70, menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan anak-anak. Meskipun beberapa anak tidak menunjukkan perubahan atau mengalami penurunan nilai, secara keseluruhan, proses pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan anak-anak. Hasil ini menunjukkan efektivitas metode pembelajaran yang digunakan, meskipun diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk mengatasi penurunan nilai pada beberapa anak dan memastikan kemajuan yang optimal bagi semua peserta.
Unduhan
Referensi
Alief, R., & Nurmiati, E. (2022). Penerapan Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi Pada Efisiensi Manajemen Pengetahuan. Jurnal Masyarakat Informatika, 13(1), 59–69.
Batubara, M. H. (2020). KAMPUS MERDEKA: MENILIK KESIAPAN TEKNOLOGI DALAM SISTEM KAMPUS - PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIATY 5.0 (M. K. Muchamad, T. A. Gani, & P. Wahyuni, Ed.; 1 ed.). Syiah Kuala University Press.
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). MEMAHAMI PERKEMBANGAN ANAK GENERASI ALFA DI ERA INDUSTRI 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178–186.
Farid, I., Reksoprodjo, A. H., & Suhirwan. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PERTAHANAN SIBER. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 779–788.
Hakim, L. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG). https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan
Hamzah, A., Basuki, U. J., & Santosa, G. (2024). Peningkatan Pemahaman Kecerdasan Buatan (AI) untuk Dakwah Bagi Remaja Masjid Kresen Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 04(01), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v4i1.385
Lubis, M. S. Y. (2021). IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SYSTEM MANUFAKTUR TERPADU. SEMNASTEK UISU, 1–7.
Malau, M., Sihite, I. F., Sumanti, I. H., Desrianty, R. M., & Hutahaean, Y. S. R. (2024). Perkembangan Artificial Intelligence dan Tantangan Generaso Muda di Era Super Digitalozed. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 8(1), 251–257. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i1
Nuryani, N., Purnama, B., Legowo, B., Utari, U., Riyatun, R., Suharno, S., Yunianto, M., & Lestari, W. (2023). Diseminasi Riset Kecerdasan Buatan Untuk Diagnosis Medis Berbasis Elektrokardiogram di Universitas Duta Bangsa. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 12(2), 175. https://doi.org/10.20961/semar.v12i2.75521
Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). GENERASI ALPHA : SAATNYA ANAK USIA DINI MELEK DIGITAL Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa




Published by: Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang