PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN DUKUNGAN KEMASAN DAN MEDIA PEMASARAN ONLINE PADA KADER PKK

Penulis

  • Mia Ajeng Alifiana Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Vikha Indira Asri Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Akh. Sokhibi Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/kreatif.v1i1.8379

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Mitra dalam kegiatan ini adalah kader PKK di RT 4 RW 4 Perumahan Kudus Permai, Desa Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Permasalahan utama pada komunitas tersebut adalah mati surinya pendidikan praktis sejak pandemi Covid 19, yang berarti bahwa (1) kurangnya praktek kewirausahaan atas suatu ide bisnis baru; (2) kurangnya pemahaman dalam pengemasan suatu produk; (3) kurangnya pemahaman akan pentingnya pemasaran online. Berdasar permasalahan mitra, maka tujuan dari Pengabdian ini adalah (1) pendampingan praktek kewirausahaan atas suatu ide bisnis baru; (2) peningkatan pemahaman dalam pengemasan suatu produk; (3) peningkatan pemahaman akan pentingnya pemasaran online. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pendampingan kepada mitra. Alternatif penyelesaian masalah yang diberikan adalah (1) praktek kewirausahaan “tahu walik”; (2) pengenalan kemasan yang ramah produk; (3) pengenalan pemasaran online berupa media sosial. Harapannya dengan ketiga solusi yang diberikan, risiko mitra atas permasalahan yang dihadapi dapat diminimalisir, dan akhirnya mitra dapat lebih berani mengembangkan ide bisnis baru dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-02

Terbitan

Bagian

Artikel