Evolusi Pemasaran Jasa dan Pemasaran Relasional Jasa Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.1212/muntazam.v4i02.10174Abstrak
Manajemen pemasaran merupakan kegiatan menganalisa, merencanakan, mengimplementasi, dan mengawasi, guna memperoleh tingkat pertukaran yang menguntungkan untuk mencapai tujuan organisasi. Evolusi pemasaran relasional menjadi sangat penting karena pendidikan adalah jasa yang memerlukan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pemasaran relasional dapat membantu sekolah untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperoleh pelanggan baru melalui rekomendasi dari pelanggan yang sudah ada. Paparan artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif yang berlandaskan pada tulisan-tulisan para ahli pendidikan, mencoba mencari evolusi pemasaran dan pemasaran jasa pendidikan. Kesimpulan penulisan artikel ini adalah Pemasaran jasa pendidikan merupakan cara untuk melakukan sesuatu dimana siswa, orang tua siswa, karyawan sekolah, dan masyarakat menganggap sekolah sebagai institusi pendukung masyarakat yang berdedikasi untuk melayani kebutuhan pelanggan jasa pendidikan sedangkan Pemasaran relasional difokuskan pada rekrutmen dan mempertahankan atau memelihara pelanggan jasa pendidikan, hubungan antara sekolah dan pelanggan jasa pendidikan.
Unduhan
Referensi
Abidin, Z., & Sofyan, A. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Dalam Era Digital Pada Masa Sekarang. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v2i1.76
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Afif Alfiyanto. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Budaya Religius. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 53–62.
Amelia, W. R., & Damrus, D. D. (2021). Penerapan Pemasaran Relasional Dalam Pembelian Secara Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Medan Area. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 128–136. https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i1.3467
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.
Fajrina S., R., & Jalaludin, E. (2022). Pengaruh Pemasaran Relasional Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada 2A Computerizer Embroidery). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 927–936. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2175
Harman, M. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Amplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modenisasi Global. Alfabeta.
Industri, H., Kelamben, W., Tambak, D., Martapura, A., Industri, H., Industri, H., Kelamben, W., Industri, H., Kelamben, W., & Pemasaran, S. (n.d.). Analisis Bauran Pemasaran Pada Home Industri. 14, 203–214.
Juliati, R. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kesetiaan Pelanggan Melalui Pemasaran Relasional Pada “UMM INN” Hotel Pendidikan di Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Muhamadiyah Malang, 02, 263–286.
Lupiyodi, R. (n.d.). Manajemen Pemasaran (2nd ed.). Salimba Empat.
Pratama, Y. A., Widiawati, W., Hendra, R., Mediwinata, A. F., & Alfiyanto, A. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan di MTs Al-Ikhlas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10106–10111. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3741
Wahyudi, K. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 99–116.
Wijaya, A. (2023). Manajemen Pemasaran Sekolah Era 4.0. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 12(1), 51–56. https://jurnal.ubest.ac.id
Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.