Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Melalui Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari

Penulis

  • Amrizal Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Indonesia
  • Muamar Qadafi Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Indonesia
  • Ayu Sumarni Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Indonesia
  • Arfa Dina Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Indonesia
  • Sella Fransiska Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1212/muntazam.v4i02.10884

Abstrak

Pendidikan merupakan bagian penting pada pembangunan suatu negara. Hanya saja, tingkat pendidikan di Indonesia belum mencapai kualitas terbaik. Pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan hal ini masih terus dilakukan. Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia mengacu pada 8 standar yang dihasilkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan pedoman penyelenggaraan pendidikan nasional yang bermutu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengarahan pendidikan. Standar nasional pendidikan meliputi 8 standar yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan (pendanaan) dan standar penilaian pendidikan (evaluasi). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskritif yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. pemenuhan standar pendidikan di SMA Negeri 6 Batang Hari sudah terpenuhi. Penilaian terhadap hasil belajar siswa semua telah dilakukan secara baik sesuai dengan peraturan yang ditetapkan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abd Rahman BP et al. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal kajian pendidikan Islam. 2(1). 2

Abdirachmat Purnomo. (2016). Analisa Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SMP N 4 Prambanan. Jurnal Hanata Widya. 18

Asep Sukenda Egok. (2019). Profesi Kependidikan, Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara

Aulia Rahman. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Journal of Education. 2(1). 126

Endang Poerwanti dan Beti Istanti Suwandayeni. (2020). Manajemen Sekolah Dasar Unggul. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Endang Switri, Administrasi Pendidikan. (2020). Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media

Faridah Alawiyah. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Aspirasi. 8(1). 84

Helda Yanti. (2021). Standar Bagi Pendidikan dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Journal of Education. 1(1). 65

Ifan Junaedi. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Journal of Informayion System, Applied, Management, Accounting and Research. 3(2). 20

Irjus Indrawan. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish

Kasman. (2021). Pengelolaan Sekolah Unggul Kontruksi Pendidikan Masa Depan. Sumatera Utara: Madina Publisher

Laras Septiawati dan Indah Eftanastarini. (2020). Analisis Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan di MTS As Salam. Innovative Education Journal. 2(1). 81

Luki Eko Cahyono et al. (2015). Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan pada SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. 4(2). 99

Marisya Mardhatilah Ay et al. (2023). Analisis Kebijakan Standar Isi Pendidikan di SDN 192 Pekan Baru. Journal of Comprehensive Science. 2(7). 1336

Meni Handayani. (2016). Pencapaian Standar Nasional Pendidikan Berdasarkan Hasil Akreditasi SMA di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1(2). 183

Nasib Tua Lumban Gaol. (2022). Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dasar dan Manajemen. Sulawesi Tengah: CV. Feniks Muda Sejahtera

Ni Nyoman Lisna Handayani. (2022). Ilmu Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran. Jawa Tengah: CV. Pena Persada

Noven Kusainun. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan. 5(1). 2

Nurhayati et al. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(2). 597

Rismayani et al. (2021). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. 2(2). 140

Ruswandi Hermawan. (2010). Pengembangan Sumber Daya Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar. No 13

Sudarmono. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1). 269

Syafrudin Januar. (2021). Pemetaan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Komparatif: Status dan Jenjang Pendidikan). Samarinda: Gunawan Lestari

Yudianto dkk. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Yulius Mataputun. (2020). Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Permasalahannya. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 8(1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-26