Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Melalui Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Batang Hari
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v4i02.10884Abstract
Pendidikan merupakan bagian penting pada pembangunan suatu negara. Hanya saja, tingkat pendidikan di Indonesia belum mencapai kualitas terbaik. Pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan hal ini masih terus dilakukan. Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia mengacu pada 8 standar yang dihasilkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan pedoman penyelenggaraan pendidikan nasional yang bermutu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengarahan pendidikan. Standar nasional pendidikan meliputi 8 standar yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan (pendanaan) dan standar penilaian pendidikan (evaluasi). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskritif yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. pemenuhan standar pendidikan di SMA Negeri 6 Batang Hari sudah terpenuhi. Penilaian terhadap hasil belajar siswa semua telah dilakukan secara baik sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
Downloads
References
Abd Rahman BP et al. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal kajian pendidikan Islam. 2(1). 2
Abdirachmat Purnomo. (2016). Analisa Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SMP N 4 Prambanan. Jurnal Hanata Widya. 18
Asep Sukenda Egok. (2019). Profesi Kependidikan, Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara
Aulia Rahman. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. Journal of Education. 2(1). 126
Endang Poerwanti dan Beti Istanti Suwandayeni. (2020). Manajemen Sekolah Dasar Unggul. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Endang Switri, Administrasi Pendidikan. (2020). Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media
Faridah Alawiyah. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Aspirasi. 8(1). 84
Helda Yanti. (2021). Standar Bagi Pendidikan dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Journal of Education. 1(1). 65
Ifan Junaedi. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Journal of Informayion System, Applied, Management, Accounting and Research. 3(2). 20
Irjus Indrawan. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish
Kasman. (2021). Pengelolaan Sekolah Unggul Kontruksi Pendidikan Masa Depan. Sumatera Utara: Madina Publisher
Laras Septiawati dan Indah Eftanastarini. (2020). Analisis Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan di MTS As Salam. Innovative Education Journal. 2(1). 81
Luki Eko Cahyono et al. (2015). Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan pada SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. 4(2). 99
Marisya Mardhatilah Ay et al. (2023). Analisis Kebijakan Standar Isi Pendidikan di SDN 192 Pekan Baru. Journal of Comprehensive Science. 2(7). 1336
Meni Handayani. (2016). Pencapaian Standar Nasional Pendidikan Berdasarkan Hasil Akreditasi SMA di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 1(2). 183
Nasib Tua Lumban Gaol. (2022). Buku Ajar Manajemen Pendidikan Dasar dan Manajemen. Sulawesi Tengah: CV. Feniks Muda Sejahtera
Ni Nyoman Lisna Handayani. (2022). Ilmu Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran. Jawa Tengah: CV. Pena Persada
Noven Kusainun. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan. 5(1). 2
Nurhayati et al. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(2). 597
Rismayani et al. (2021). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. 2(2). 140
Ruswandi Hermawan. (2010). Pengembangan Sumber Daya Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar. No 13
Sudarmono. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1). 269
Syafrudin Januar. (2021). Pemetaan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Komparatif: Status dan Jenjang Pendidikan). Samarinda: Gunawan Lestari
Yudianto dkk. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Yulius Mataputun. (2020). Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Permasalahannya. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 8(1)