Peranan Bimbingan Teknis Penguatan Akreditasi Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Aisyiyah Se Kota Kendari

Penulis

  • Halima universitas muhammadiyah kendari
  • Asrul Universitas Muhamadiyah Kendari
  • Nurlina Universitas Muhamadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.1212/muntazam.v4i02.11045

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran bimbingan teknis dalam penguatan akreditasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pemahaman, dampak, hambatan, dan rekomendasi peningkatan terkait dengan proses akreditasi di lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pendidik dan tenaga kependidikan memiliki pemahaman yang memadai terhadap konsep akreditasi, namun tantangan muncul dalam implementasi praktisnya. Bimbingan teknis ditemukan memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan menghadapi proses akreditasi. Meskipun efektif, variasi dalam dampak menunjukkan kebutuhan untuk pendekatan yang lebih terpersonal. Dampak penguatan akreditasi mencakup peningkatan kualitas pendidikan, reputasi lembaga, dan motivasi para pendidik dan tenaga kependidikan. Namun, beberapa hambatan seperti kompleksitas persyaratan, keterbatasan sumber daya, dan resistensi terhadap perubahan diidentifikasi. Rekomendasi untuk peningkatan melibatkan pengembangan panduan yang lebih jelas, pelatihan tambahan, dan pemanfaatan teknologi. Pentingnya upaya berkelanjutan untuk mendukung implementasi akreditasi yang efektif, mengatasi hambatan, dan memastikan peran sentral pendidik dan tenaga kependidikan dalam mencapai standar kualitas pendidikan yang tinggi

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Asrul, Universitas Muhamadiyah Kendari

Dosen UM Kendari

Nurlina, Universitas Muhamadiyah Kendari

Dosen UM Kendari

Referensi

Akbar, M. F., Jaya, F. H., & Duwikola, R. (2020). Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kakak Tunas Cedikia Gedong Tataan Pesawaran Lampung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 467–474. https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.866

Aminah, S., & Amiliya, R. (2021). Analisis Kesiapan dan Kesulitan Lembaga PAUD dalam Menghadapi Akreditasi Melalui Pendampingan Akreditasi BAN PAUD Di TK Islam Al-Madinah Kota Dumai. Al-Abyadh, 4(1), 1–15. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/237/153

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Idhayani, N., Nurlina, N., Risnajayanti, R., Halima, H., & Bahera, B. (2023). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini : Pendekatan Kearifan Lokal Dalam Praktik Manajemen. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7453–7463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5624

Indrawan, I. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Akreditasi PAUD. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(01), 46–54. https://doi.org/10.46963/mash.v3i01.116

Ismaya, Sulaiman, F., Dian, F., AB, U. D. M., & Elihami. (2021). Pembinaan Lembaga PAUD Menuju Lembaga Terakreditasi Di Kabupaten Enrekang. Maspul Journa Community Empowerment, 3(2), 1–9. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/2340

Masruron, M., & Nasir, M. (2023). Sosialisai Akreditasi BAN PAUD Dan PNF Melalui Aplikasi Sispena 3 . 1 Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, I(2), 89–94. https://doi.org/10.37216/afada.v1i2.1112

Nasution, R. H. S. (2020). Implementasi Akreditasi Satuan PAUD Di Kota Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nurlina. (2023). Perkembangan Psikososial Masa Kanak-Kanak. In Psikologi Perkembangan Peserta Didik (pp. 47–73). Get Press Indonesia.

Nurlina, Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 7(5), 6052–6064. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4660

Rahmawati, Nurlina, Lilianti, Usman, Risnajayanti, Salma, & Amaliah. (2022). Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1527–1539. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1802

Sari, N. (2020). Persepsi Dan Sikap Guru Terhadap Proses Akreditasi Si Dan Sikap Guru Terhadap Proses Akreditasi Di Mi Ma’Arif Patihan Wetan Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri.

Sari, R. P. (2019). Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Tinta, 1(1), 117–133. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/159

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30