Praktik Supervisi Pendidikan dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Penulis

  • Risnajayanti Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.1212/muntazam.v4i01.11049

Abstrak

Keberhasilan Pendidikan Anak Usia Dini tidak hanya bergantung pada kompetensi pendidik, tetapi juga pada efektivitas sistem supervisi pendidikan yang diterapkan. Penelitian menyelidiki praktik supervisi pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini melalui studi pustaka. Tujuan penelitian mencakup eksplorasi tujuan supervisi, penerapan praktik supervisi, persepsi guru terhadap supervisi, serta tantangan dan dampak praktik supervisi. Melalui analisis literatur dari berbagai sumber, penelitian ini merangkum temuan-temuan terkait praktik supervisi pada konteks Pendidikan Anak Usia Dini. Meskipun metodenya berfokus pada studi pustaka, penelitian ini tetap memberikan wawasan mendalam mengenai aspek-aspek kunci yang terkait dengan praktik supervisi pendidikan. Implikasi dari temuan ini dibahas untuk memberikan kontribusi pada pengembangan praktik supervisi yang lebih efektif dan memberikan dampak positif bagi pengembangan profesional guru dan peningkatan kualitas pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atikah, C. (2020). Kegiatan Supervisi Pendidikan Dalam Menunjang Kinerja Guru Di Tk Islam Tirtayasa Serang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 163–176. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24387

Harimurti, E. R. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Buah Hati, 6(2), 78. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/580

Hartono, H. (2019). Supervisi Berkala Dalam Upaya Meningkatkan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se Kecamatan Driyorejo Tahun 2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), 26–38. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2553

Isnaini, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor Dalam Pengawasan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 215–228. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v18i2.1871

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. https://www.academia.edu/39737659/SUPERVISI_PENDIDIKAN

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 7(1), 62–72.

Nanda, A. S. (2018). Supervisi Pendidikan Dalam Mewujudkan Tujuan Nasional Pendidikan Dan Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sereal Untuk, 51(1), 51.

Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2019). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.54-65

Rini Wahyuningsih, & Ermayanti. (2022). Peningkatan Kualitas Sekolah Melalui Supervisi Pendidikan. Buletin Edukasi Indonesia, 1(01), 13–18. https://doi.org/10.56741/bei.v1i01.21

Sari, Y. M., & Najah, S. (2021). Supervisi Pendidikan Pada Lembaga PAUD. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10423

Setiawati, N. A., Djuhartono, T., & Mursito, H. (2018). Persepsi Guru Tentang Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Research and Development Journal of Education, 4(2), 3–15. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3374

Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Pustaka Baru Press.

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a2.2018

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30