Harmoni Ilmu dan Iman: Peran Agama Islam dalam Pendidikan di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Nisa Salwa Salsabil Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alvira Zulva Drajat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deswinta Amelia Ganjar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zavias Putra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Suresman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.12113

Abstract

Artikel ini membahas peran agama Islam dalam pendidikan di kalangan mahasiswa, dengan fokus pada pentingnya integrasi ilmu dan iman untuk mewujudkan generasi muda yang bertaqwa dan berilmu. Diskusikan tentang tantangan dan solusi dalam mengintegrasikan ilmu dan iman, serta peran lembaga pendidikan dan masyarakat dalam mendukung harmonisasi ini. Di era modern, pendidikan Islam perlu diperbarui untuk meningkatkan relevansinya dengan isu-isu kontemporer dan kebutuhan mahasiswa. Inovasi metode pembelajaran, penguatan peran dosen, dan kerjasama antar lembaga menjadi kunci untuk mencapai tujuan ini. Harapannya, melalui diskusi dan perumusan rekomendasi yang konstruktif, pendidikan Islam dapat memainkan peran penting dalam melahirkan generasi muda Islam yang bertaqwa, berilmu, dan mampu berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan. Jurnal Tarbiyah.

Mahsun, M. (2021). Female Candidates, Islamic Women's Organisations, and Clientelism in the 2019 Indonesian Elections. Journal of Current.

Moane, M. L., Syarifuddin, O., & Saprin. (2024). Implementasi Iman dan Taqwa dalam Kehidupan Modern. Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter SIswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Di Madrasah Tsaniwiyah Negeri 1 Banyumas. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan.

Nurkholis. (2023). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. . Jurnal Kependidikan.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Salsabil, N. S., Drajat, A. Z., Ganjar, D. A., Putra, Z. ., & Suresman, E. (2024). Harmoni Ilmu dan Iman: Peran Agama Islam dalam Pendidikan di Kalangan Mahasiswa. MUNTAZAM, 5(1). https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.12113