Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius Siswa

Authors

  • Wildan Maulana Malik UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sulistyorini Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nur Efendi Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.12114

Abstract

Pendidikan dalam ajaran Islam mempunyai fungsi untuk membimbing serta mengarahkan peserta didik supaya mampu menerima amanah baik sebagai hamba maupun khalifah. Kepala madrasah perlu melakukan suatu pembiasaan dengan memasukkan nilai-nilai keagamaan pada setiap kegiatan lembaga agar mampu membentuk budaya religius. Budaya tersebut perlu ditekankan dalam lembaga pendidikan Islam karena terdapat sekumpulan nilai agama yang melandasi atas perilaku, kebiasaan dan simbol-simbol dari warganya. Tujuan kepenulisan artikel ini untuk mengkaji terkait bagaimana pola kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun budaya religius peserta didiknya. Metode penulisan artikel memakai studi pustaka dengan cara menggali tulisan-tulisan yang tersedia namun disesuaikan terhadap fokus penelitian. Model analisis isi digunakan untuk mengolah data dengan cara menganalisis makna dari sumber-sumber yang sudah diperoleh. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa kepala madrasah mempunyai peran untuk mengarahkan seluruh sumber daya dalam lembaga supaya bisa menciptakan tingkat produktivitas yang tinggi. Penanaman akhlak mulia pada siswa bisa diketahui dari adanya pembiasaan religius dalam madrasah seperti sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an, berbusana muslim, menebar tali persaudaraan dan lain sebagainya. Kepala madrasah perlu menerapkan tiga strategi ketika akan membangun budaya religius tanpa memandang latar belakang dari siswanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi. (2010). Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah: Konsep, Strategi dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Baharuddin & Makin, M. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Fathurrohman, M. (2015). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Fitriyani, Lubis, S. A., & Zubaidah, S. (2018). Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MDA Bani Al-Kautsar Medan Maimun. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 2(3).

Hidayat, Ayi Najmul Dkk. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1).

Ilmi, Aghna M., & Sholeh, M. (2021). Manajemen Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah Islam. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2).

Komariah, Aan. (2010). Visionry Leadership. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Mubarok, Z. E. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai, Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.

Muntasir, M. Saleh. (1985). Mencari Evidensi Islam (Analisa Awal Sistem Filsafat, Strategi dan Metodologi Pendidikan). Jakarta: Rajawali.

Mustapa, A, Nurbayani, E., & Nasiah, S. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius di SMK Negeri 1 Samarinda. el-Buhuth, 1(2).

Nata, Abudin. (2010). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Putra, Kristiya Septian. (2015). Implementasi Pendidikan Agama Islam Budaya Religius di Sekolah. Banyumas: Jurnal Kependidikan, 3(2).

Putriningsih, Sri., & Sulistyorini. (2023). Kepemimpinan Guna Membangun Tim Kerja di Lembaga Pendidikan Islam. Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama & Kebudayaan, 9(2).

Qusyaeri, A., & Rozikin, H. K. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Pembentukan Karakter Religius di MA Ma’arif 1 Jombang. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(2).

Rianto. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Religius di MTs Walisongo Jatirongo Tuban. DAROTUNA: Journal of Administrative Science, 2(2).

Risnajayanti. (2023). Manajemen Pembelajaran Inovatif: Integrasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2).

Sagala, Syaiful. (2007). Manajemen Strategik dalam Pengembangan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahlan, Asmaun. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dan Teori ke Aksi). Malang: UIN Maliki Press.

Siswanto, H. (2018). Pentingnya Pengembangan Budaya Religius di Madrasah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1).

Sulistiyanto, Eko, Efendi, Nur., & Sulistyorini. (2023). Kompetensi Sosial Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Komite untuk Peningkatan Sarana Prasarana di MAN 1 Tulungagung. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Malik, W. M., Sulistyorini, & Efendi, N. (2024). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius Siswa. MUNTAZAM, 5(1). https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.12114