KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i2.13301Abstract
Kepala sekolah mempunyai kedudukan yang telah ditetapkan dalam pengelolaan satuan pendidikan dan memiliki posisinya strategis dalam mengembangkan sumber daya sekolah, terutama dalam memberdayakan guru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru melalui kepemimpinan kepala sekolah, mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan kepala sekolah yang baik dalam meningkatkan kinerja guru, dan untuk mendeskripsikan tipe kepemimpinan kepala sekolah di meningkatkan kinerja guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR (Sistematic Literature Review), yaitu penelitian untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasikan semua hasil penelitian yang relevan terkait dengan hal-hal tertentu pertanyaan penelitian, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian. Berdasarkan hasil literatur sistematis review 9 artikel jurnal tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, beragam diperoleh hasil yaitu dominannya penggunaan gaya dan metode kepemimpinan demokratis yang banyak digunakan dengan menerapkan kedisiplinan, memberikan pembinaan kinerja/pengembangan diri, memberikan penghargaan, pengawasan, komunikasi, demokratis, karismatik dan pengendalian diri.
Downloads
References
armawati, D., Erfinawati, E., & Jalaluddin, J. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Man 5 Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.4739
Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.
Frismelly, A., & Ernawati, M. G. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. 4(2).
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Muhamamdiyah, U., Barat, S., Padang, U. N., Jambak, K., & Guru, M. K. (2022). Nizwardi Jalinus 2 , Ridwan 3 , Wagino 4*. XVI(02), 10–16.
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Sarİ, E. M., & Thahİr, A. (2021). Systematic Literature Review Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 1(1), 345–352.
Semarang, U. D. (2020). K Epemimpinan T Ransformasional D Alam M Eningkatkan. 11(1), 106–112.
Setiadi, D., & Annur, S. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Talang Ubi Kabupaten Pali dalam Meningkatkan Efektifitas Kinerja Guru. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen …, 5(1), 100–113. http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/464
Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.436
Supriadi, H. M., Sauri, S., & Soro, S. H. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama di SMPN 3 dan SMPN 33 Kota Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 705–713. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.455
Suryadhiningrat, R. F. K., Yuniarsih, T., & Sojanah, J. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 164–174. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i2.46376
Tri, C., & Rokhani, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah di SDN Dengkek 01 Pati. 1(2), 1–8.
Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537
Wulandari, D.T., & Sayekti, I. C. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230