PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN BACA AL QUR'AN DI SEKOLAH TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH PURWAKARTA

Authors

  • Erma Nurdaningsih STAI.DR.KHEZ.Muttaqien
  • Usep Setiawan STAI.DR.KHEZ.Muttaqien

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i2.13302

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan dampak pembelajaran membaca Al Qur'an dengan menerapkan metode Ummi pada siswa kelas V di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Purwakarta. Informan penelitian ini adalah Founder,kepala sekolah, koordinator dan guru Ummi STP Khoiru Ummah Purwakarta. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode dengan bahan referensi.Hasil penelitian menunjukkan: 1). Perencanaan pembelajaran Al-Quran metode Ummi berpedoman pada aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Ummi Foundation seperti menentukan durasi pembelajaran dan desain posisi pembelajaran. Maka dapat dikatakan bahwa ketentuan-ketentuan yang telah disusun guru Ummi dalam perencanaan pembelajaran, tidak terlepas dari ketentuan baku Ummi Foundation. Kendati memang ada beberapa langkah yang diinisiasi. Hal ini karena melihat kebutuhan sekolah seperti menentukan durasi pembelajaran; keadaan sarana prasarana sekolah seperti penggunaan meja lipat, kebutuhan kompetensi siswa seperti menentukan urutan buku ajar Ummi. 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi merujuk kepada tahapan pembelajaran yang telah ditetapkan Ummi Foundation dan ditambah sedikit variasi pada proses pelaksanaan. Tahapan pembelajaran tersebut terdiri dari beberapa bagian yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup. 3) Teknik guru dalam evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi mengacu kepada teknik evaluasi yang telah ditetapkan Ummi Foundation tetapi dengan sedikit modifikasi pada pelaksanaannya seperti evaluasi kenaikan jilid. 4) Penerapan metode Ummi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Al- Qur’an sangat berdampak baik terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini dapat dilihat dari daya serap dan perilaku siswa yang meningkat setelah pelaksanaan proses pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Bumi Aksara.

Chairawati, F. (2014). Evaluasi Pembelajaran Pada Kelas Internasional Fakultas Dakwah IAIN Ar-raniry. Jurnal Al-Bayan, 20(29), 15–32.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Widyaiswara, 1(4), 104–107.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Herawati, Y. W. (2022). The Inefficiency of Ummi Method in Learning Al-Qur’an. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 644(Islage 2021), 318–323. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.041

Isdaryanti, B., Rachman, M., Sukestiyarno, Y. L., Florentinus, T. S., & Widodo, W. (2018). Teachers’ performance in science learning management integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12887

Junaidin Nobisa, & Usman. (2021). Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 4(1), 44–70. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.110

Landøy, A., Popa, D., & Repanovici, A. (2020). Teaching Learning Methods. Springer, 137–161. https://doi.org/10.1007/978-3-030-34258-6_10

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif [Qualitative Research Methodology]. PT Remaja Rosdakarya.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Purwaka, S. (2017). Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta Ii Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat Yogyakarta (Studi Komparasi Metode Iqra’ Dan Metode Ummi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XIV, 279–304.

Sofyan, M. (2016). The Influence of Reading Qur’an to Youth Mental and Soul in Medan (Case Study of Students in State Institute for Islamic Studies, Sumut). IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 21(2), 45-56. https://doi.org/10.9790/0837-2102084656

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Refika Adhitama.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Raja Grafindo Persada.

Supriyadi, T., & Julia, J. (2019). The problem of students in reading the Quran: A reflective-critical treatment through action research. International Journal of Instruction, 12(1), 311–326. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12121a

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 131–144. https://core.ac.uk/display/235260296?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Yolanda, W., & Ahmad, R. (2019). Learning Independence Students. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.24036/00148kons2019

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Nurdaningsih, E., & Setiawan, U. (2024). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN BACA AL QUR’AN DI SEKOLAH TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH PURWAKARTA. MUNTAZAM, 5(2), 8–22. https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i2.13302