UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI SMP IT MIFTAHUL ULUM KECAMATAN SETU
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i2.13305Abstract
SMP IT Miftahul Ulum Kec. Setu merupakan lembaga pendidikan Islam yang termasuk sekolah swasta dan tengah berkembang maupun bersaing dengan beberapa lembaga pendidikan sederajat di kecamatan Setu. Situasi ini mendorong untuk selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikan terutama pendidikan Islam. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab dan wewenang sangat penting untuk mengelola dan menggerakkan semua warga sekolah demi mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SMP IT Miftahul Ulum terkait dengan meningkatkan manajemen madrasah dari segi mutu pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP IT Miftahul Ulum Setu. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMP IT Miftahul Ulum , sedangkan informannya adalah komite sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan wali murid. Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Dan analisis data menggunakan metode kualitatif interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SMP IT Miftahul Ulum dilihat pada meningkatkan manajemen sekolah dari segi mutu pendidikan Islam . Upaya kepala SMP IT Miftahul Ulum dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam kaitanya indikator proses ialah mengondisikan lingkungan pembelajaran yang aman,nyaman dan menstimulasi dalam belajar, membuat program-program sesuai dengan kebutuhan siswa seperti tahfidzul qur’an, mentoring bacaan al-qur’an, pembinaan ibadah, kegiatan ekstrakurikuler, memberikan motivasi belajar baik pemberian reward dan punishment kepada guru maupun siswa. Upaya kepala SMP IT Miftahul Ulum dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam kaitanya indikator output, ialah berusaha untuk berprestasi dalam akademik, non akademik dan berakhlakul karimah .
Downloads
References
Arif,moh. Manajemen madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung
Khasanah Nur.(2016). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Minarti, Sri, (2011). Manajemen Sekolah; Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Yogyakarta, Ar-ruzz Media.
Mulyadi,(2010). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu; Jakarta: Balitbang Depag RI.
Prof. Dr. Baharuddin, M. Pd.I. Mutu Pendidikan Islam dalam Berbagai Pespektif. http://pasca.uin-malang.ac.id/mutu-pendidikan-islam-dalam-berbagai-pespektif/ diakses pada 25 Des. 21
Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A.(2011), Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam penyusunan remcana pengembangan sekolah/madrasah(Jakarta: Kencana)
Prof. Dr. Mujamil Qomar, Manajemen Pendidkan Islam Strategi Baru Lembaga Pendidikan Islam, Erlangga.